KILAS

Telkom Diminta Siapkan Infrastruktur Jelang KTT G20, Erick Thohir: Italia Kemarin Masih 3G, Indonesia Sudah 5G

Kompas.com - 29/12/2021, 10:20 WIB

KOMPAS.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) memastikan kesiapan infrastruktur untuk perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group of Twenty (G20) pada akhir 2022 mendatang.

“Telkom dan Telkomsel harus memastikan seluruh jaringan seperti WiFi, internet, data center, dan semua yang diperlukan sudah siap untuk mendukung G20 ini,” tutur Erick saat meninjau kesiapan infrastruktur Telkom di lokasi penyelenggaraan G20, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (28/12/2021).

Ia meminta agar Telkom juga menyediakan jaringan memadai di lokasi yang berhubungan dengan penyelenggaraan G20, seperti Jakarta, Labuan Bajo, dan daerah lainnya.

“Kita bisa lihat ada Satellite News Gathering (SNG) dan Combat Telkomsel. Ini Mobile Combat 5G. Kalau G20 di Italia kemarin masih 3G, di Indonesia sudah 5G,” ujar Erick dalam rilis resmi Telkomsel yang diterima Kompas.com, Rabu (29/12/2021).

Baca juga: Erick Thohir Cek Kesiapan BUMN Dukung Bali Jadi Tuan Rumah KTT G20

Sebagai informasi, Mobile SNG merupakan layanan yang akan mengakomodasi kebutuhan para broadcaster televisi (TV) dalam bentuk tayangan audio visual.

Fasilitas tersebut menjadi solusi bagi industri pertelevisian dalam memenuhi kebutuhan siaran tunda maupun siaran langsung selama kegiatan G20.

Adapun Compact Mobile Base Transceiver Station (BTS) 5G Telkomsel akan mendukung penguatan sinyal 5G selama kegiatan G20 berlangsung.

Erick menilai, persiapan Telkom dan Telkomsel untuk mendukung penyelenggaraan G20 sudah maksimal, baik dari sumber daya manusia (SDM) maupun infrastruktur.

“Gak kalah Indonesia dengan Eropa. Kadang kita masih suka malu-malu, padahal kita negara besar. Jadi harus kita buktikan bahwa kita adalah negara besar. Indonesia gak kalah bagus,” katanya.

Dalam agenda peninjauan tersebut, Erick beserta rombongan juga menyaksikan demo dari inovasi use case penggunaan teknologi 5G, yaitu Robot Patroli 5G.

Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) mencoba teknologi Virtual Reality yang telah didukung oleh jaringan 5G Telkomsel didampingi oleh Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodjo (kedua dari kiri) dan Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (paling kiri) saat kunjungan kerja peninjauan kesiapan infrastruktur & layanan TelkomGroup menyambut G20 2022 di Nusa Dua, Bali, Selasa (28/12/2021).DOK. Humas Telkom Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) mencoba teknologi Virtual Reality yang telah didukung oleh jaringan 5G Telkomsel didampingi oleh Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodjo (kedua dari kiri) dan Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (paling kiri) saat kunjungan kerja peninjauan kesiapan infrastruktur & layanan TelkomGroup menyambut G20 2022 di Nusa Dua, Bali, Selasa (28/12/2021).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.