Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Sederhana Mencapai Kesehatan Finansial untuk Resolusi Tahun 2022

Kompas.com - 29/12/2021, 10:45 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi banyak orang, pergantian tahun menuju tahun yang baru mengisyaratkan motivasi untuk menjadikan hidup lebih bermakna.

Bentuk janji perbaikan atau kerap dikenal sebagai resolusi, juga beragam, mulai dari komitmen berolahraga, menjaga asupan makanan, membangun relasi lebih erat dengan kerabat, hingga menabung demi kesehatan finansial yang ideal sesuai dengan kemampuan finansial masing-masing orang.

Direktur Community Financial Services (CFS) Maybank Indonesia, Steffano Ridwan mengatakan, secara khusus, resolusi finansial menuju cita-cita untuk mandiri dan sejahtera secara finansial tentu menjadi tujuan semua orang.

Baca juga: 5 Tips Cuan Saham Ala Lo Kheng Hong, Bisa Diterapkan Tahun 2022

"Apalagi di era digital yang serba-instan seperti saat ini, salah satu taktik agar bisa mulai secara perlahan mengontrol spending habit adalah mengkotak-kotakkan pos keuangan untuk pengelolaan yang lebih mawas," kata Steffano dalam siaran persnya, Rabu (29/12/2021).

Steffano pun membeberkan ada 3 tips sederhana untuk mencapai kesehatan finansial sebagai resolusi tahun 2022.

Pertama disebutkan dia adalah siapkan strategi untuk lunasi utang dan cicilan.

Diakui dia, salah satu penghalang terbesar dalam mencapai kesehatan finansial adalah kondisi utang dan cicilan.

"Oleh sebab itu perlu menajamkan fokus untuk mengatur strategi yang lebih bijak dalam melunasi utang dan cicilan. Kemudian, perbaiki pengelolaan keuangan dengan membedakan rekening transaksi dan rekening tabungan," kata Steffano.

Kedua, adalah banyak cara pintar menuju kesehatan finansial ideal dan cari tahu itu.

Baca juga: Ini Tips bagi Pebisnis Online agar Bisa Berkembang

Steffano menuturkan, tidak ada kata terlambat untuk memulai komitmen menuju goal kesehatan finansial ideal. Beberapa indikasi kondisi finansial sehat paling umum adalah tidak ada uutang, dana darurat berkecukupan, dan perencanaan dana pensiun makmur.

"Cita-cita tersebut tidak hanya dapat dicapai cukup dengan menabung saja, tetapi juga dengan memperhatikan pos-pos pengeluaran kecil, seperti biaya administratif perbankan,"kata Steffano.

Tips ketiga adalah jadikan proses menuju finansial sehat sebagai journey yang menyenangkan.

Steffano menilai, pintar mengelola keuangan menuju dompet sehat harus juga didukung oleh semangat yang tidak padam. Ketika journey menuju finansial sehat dijalankan dengan merana, maka akan ada kecenderungan untuk revenge shopping dengan berbelanja lebih boros lagi.

"Oleh karena itu journey yang menyenangkan dalam menabung menjadi sangat penting untuk menuju finansial yang sehat," ungkap Steffano.

Baca juga: Mau Memulai Bisnis? Simak 4 Tips dari Susi Pudjiastuti

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com