Aksi Bank Besar Caplok Bank Kecil Diperkirakan Ramai Tahun Depan

Kompas.com - 29/12/2021, 19:00 WIB
Penulis Aprillia Ika
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi akuisisi dan merger perbankan tahun depan diperkirakan lebih ramai dari tahun ini. Prediksi itu mengingat bank umum sudah wajib memenuhi modal inti Rp 3 triliun di penghujung tahunnya.

Senior Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Trioksa Siahaan membeberkan, tahun ini tercatat ada lima transaksi akuisisi bank yang sudah rampung. Satu lagi masih dalam proses yakni akuisisi BNI terhadap Bank Mayora. Sementara aksi merger masih nihil tahun ini.

Baca juga: Dikabarkan Caplok Bank Mayora, Ini Kata BNI

Aksi akuisisi dan merger di industri perbankan tersebut tak lepas dari kebijakan modal inti minimum Rp 3 triliun di penghujung tahun dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dengan demikian, bank-bank yang sedang berjuang menambah modal inti hingga Rp 2 triliun sesuai tahapan yang ditetapkan regulator di akhir 2021 masih punya pekerjaan rumah untuk mencari tambahan modal hingga Rp 3 triliun.

Baca juga: BNI Benarkan akan Caplok Bank Kecil

"Akuisisi dan merger masih akan ramai tahun depan terutama dengan adanya POJK mengenai batas modal minimum," kata Trioksa Siahaan seperti dikutip dari KONTAN, Selasa (28/12/2021).

Trioksa memperkirakan investor asing juga berpeluang masuk ke perbankan selain investor lokal. Investor lokal kemungkinan akan didominasi oleh bank besar.

Bank-bank kecil yang diakuisisi bank besar arahnya bakal membentuk konsolidasi Kelompok Usaha Bank (KUB) sehingga tidak perlu melakukan tambahan modal hingga Rp 3 triliun.

Baca juga: Jelang Akhir Tahun, 3 Bank Kecil Tambah Modal Buat Ekspansi Tahun Depan

Halaman:


Video Pilihan

Sumber KONTAN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.