Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Pelaku UMKM, Terdampak Pandemi Hingga Manfaatkan Platform Digital untuk Bertahan

Kompas.com - 30/12/2021, 08:31 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Memanfaatkan platform digital sudah seharusnya dilakukan oleh pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menegah (UMKM) untuk mengembangkan bisnisnya. Apalagi saat ini orang-orang sudah lebih memilih belanja secara online daripada offline.

Manfaat dari penggunaan platform digital tentu bukan hanya dirasakan oleh pelanggan saja dalam hal kemudahan. Namun bagi para pebisnis dengan platform digital, merasa bisnisnya semakin berkembang lagi dan lebih banyak mendapatkan pelanggan dari mana saja.

Berikut adalah cerita-cerita pelaku UMKM yang sukses merasakan berbagai manfaat dalam pertumbuhan bisnisnya, sejak masuk ke platform digital yang dihimpun Kompas.com, Kamis (30/12/2021).

Baca juga: Kisah Selvi Membangun Bisnis Baju Muslim hingga Terima Ratusan Order Setiap Sehari

1. Meski Kena PHK Pasutri Ini Tetap Sukses Jual Produk Digital

Andika dan Dewi tak menyangka bahwa pasca-pemutusan hubungan kerja (PHK) yang disebabkan pandemi, mereka masih bisa mendapat uang yang cukup dari berjualan produk digital dari rumah.

Kini sepasang suami istri dengan dua orang anak yang masih kecil ini sangat bersyukur bahwa mereka mampu bertahan di tengah pandemi dengan menjadi Mitra Shopee.

Aplikasi digital bagi pelaku UMKM ini membantu mereka dalam mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjual berbagai produk digital termasuk pulsa, paket data, token PLN, voucher game, dan berbagai tagihan untuk masyarakat sekitarnya.

Semenjak pandemi, semua kegiatan mulai dari bekerja hingga belajar dilakukan dari rumah dan pastinya membutuhkan pulsa dan internet untuk menunjang segala aktivitas secara daring.

Andika dan Dewi menyadari peluang tersebut melihat banyaknya tetangga sekitar yang anaknya sekolah daring dan para pekerja yang bekerja dari rumah. Berangkat dari sanalah dia memutuskan untuk membuka kios pulsa dan paket data bernama Dea Cell yang terinspirasi dari nama anaknya.

Baca kisah suksesnya di sini

Baca juga: Kisah Mantan Kru Kapal Pesiar yang Bangun Bisnis Perlengkapan Bayi dan Anak

2. Perusahaan Bangkrut, Pria Ini Jual Kuota Hingga Token Listrik

Sebelum menjadi jadi seorang wirausahawan, Hendra sempat bekerja sebagai karyawan di perusahaan yang berfokus di bidang teknologi. Namun pada 2015, Hendra harus angkat kaki karena perusahaan tersebut gulung tikar alias bangkrut.

Untuk menghidupi anak dan istrinya, Hendra lantas berjualan sembako di warung kecil yang berlokasi di depan kontrakan, serta menjual pulsa melalui agen distributor.

Berikut adalah kisah sukses Hendra dalam mengembangkan usahanya di sini

3. Di Tengah Pandemi, Chicken Hollic Justru Nambah Gerai

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com