Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMKL Targetkan Kenaikan Penjualan 15 Persen

Kompas.com - 30/12/2021, 12:08 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk (SMKL), perusahaan kemasan berbahan dasar karton optimistis bisa mencapai kenaikan penjualan pada akhir tahun 2021 sebesar 26 persen.

Direktur Utama SMKL Ang Kinardo mengatakan, pihaknya terus meningkatkan kinerja dengan membuat produk-produk berkualitas yang memenuhi keinginan dan syarat dari mitra. Oleh karena itu,  pihaknya optimistis dapat mencapai kenaikan penjualan untuk kinerja ke depannya.

“Melihat prospek bisnis Perseroan ke depan, SMKL juga menargetkan pertumbuhan penjualan sebesar 15 persen pada tahun 2022,” kata Ang Kinardo melalui siaran pers, Rabu (29/12/2021).

Baca juga: Meneropong Prospek Pasar Saham 2022

“SMKL juga telah mendapatkan kepercayaan para mitra dengan terus berkomitmen melaksanakan bisnis berkelanjutan yang dibuktikan dengan diraihnya sertifikasi Forest Stewardship Council (FSC) yang kami miliki,” jelas Ang Kinardo.

Sertifikasi FSC merupakan upaya SMKL untuk fokus pada sistem keberlanjutan yang diharapkan dapat berdampak positif bagi kinerja SMKL. Sertifikasi FSC merupakan sertifikasi yang menyatakan, produk yang digunakan ialah berasal dari hutan dengan pengelolaan yang baik dan memberikan manfaat lingkungan, sosial, dan ekonomi.

Guna memenuhi sertifikasi ini, SMKL melakukan audit setiap tahun untuk memastikan sistem berjalan sesuai dengan ketentuan standar sertifikasi yang ada. Sertifikasi FSC ini juga salah satu upaya SMKL dalam peduli akan kelestarian lingkungan.

Di sisi lain, dalam mempersiapkan era pajak karbon pada April 2022 mendatang, SMKL juga berencana akan memasang solar panel untuk mengurangi penggunaan karbon di pabrik.

“Jika berjalan dengan lancar, tahun depan rencananya kami akan memasang solar panel, saat ini sedang proses kontrak dengan suppliernya. Menyambut era pajak karbon ini, kami juga ada mesin untuk collect waste paper untuk dikirimkan kembali ke pabrik kertas agar dapat mereka daur ulang,” tambah Ang Kinardo.

Sebagai informasi, pada Kuartal III tahun 2021 SMKL berhasil menumbuhkan penjualan sebesar 22 persen YoY. Laba bersih setelah pajak juga tercatat meningkat signifikan sebesar 268,3 persen YoY, yaitu sebesar Rp 72,1 miliar dari tahun sebelumnya Rp 19,6 miliar.

Adapun kontribusi penjualan SMKL pada Kuartal III-2021 ini berasal dari segmen Carton Box sebesar Rp 872,6 miliar, Offset Printing sebesar Rp 355 miliar, Pre-print sebesar Rp 232,8 miliar, dan Rigid Box sebesar Rp 73,9 miliar. Kontribusi penjualan terbesar SMKL berasal dari segmen Carton Box yang meningkat 23,1 persen YoY dan Offset Printing yang bertumbuh 22,3 persen YoY.

Baca juga: 5 Tips Cuan Saham Ala Lo Kheng Hong, Bisa Diterapkan Tahun 2022

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com