Kompas.com - 30/12/2021, 12:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk (SMKL), perusahaan kemasan berbahan dasar karton optimistis bisa mencapai kenaikan penjualan pada akhir tahun 2021 sebesar 26 persen.

Direktur Utama SMKL Ang Kinardo mengatakan, pihaknya terus meningkatkan kinerja dengan membuat produk-produk berkualitas yang memenuhi keinginan dan syarat dari mitra. Oleh karena itu,  pihaknya optimistis dapat mencapai kenaikan penjualan untuk kinerja ke depannya.

“Melihat prospek bisnis Perseroan ke depan, SMKL juga menargetkan pertumbuhan penjualan sebesar 15 persen pada tahun 2022,” kata Ang Kinardo melalui siaran pers, Rabu (29/12/2021).

Baca juga: Meneropong Prospek Pasar Saham 2022

“SMKL juga telah mendapatkan kepercayaan para mitra dengan terus berkomitmen melaksanakan bisnis berkelanjutan yang dibuktikan dengan diraihnya sertifikasi Forest Stewardship Council (FSC) yang kami miliki,” jelas Ang Kinardo.

Sertifikasi FSC merupakan upaya SMKL untuk fokus pada sistem keberlanjutan yang diharapkan dapat berdampak positif bagi kinerja SMKL. Sertifikasi FSC merupakan sertifikasi yang menyatakan, produk yang digunakan ialah berasal dari hutan dengan pengelolaan yang baik dan memberikan manfaat lingkungan, sosial, dan ekonomi.

Guna memenuhi sertifikasi ini, SMKL melakukan audit setiap tahun untuk memastikan sistem berjalan sesuai dengan ketentuan standar sertifikasi yang ada. Sertifikasi FSC ini juga salah satu upaya SMKL dalam peduli akan kelestarian lingkungan.

Di sisi lain, dalam mempersiapkan era pajak karbon pada April 2022 mendatang, SMKL juga berencana akan memasang solar panel untuk mengurangi penggunaan karbon di pabrik.

“Jika berjalan dengan lancar, tahun depan rencananya kami akan memasang solar panel, saat ini sedang proses kontrak dengan suppliernya. Menyambut era pajak karbon ini, kami juga ada mesin untuk collect waste paper untuk dikirimkan kembali ke pabrik kertas agar dapat mereka daur ulang,” tambah Ang Kinardo.

Sebagai informasi, pada Kuartal III tahun 2021 SMKL berhasil menumbuhkan penjualan sebesar 22 persen YoY. Laba bersih setelah pajak juga tercatat meningkat signifikan sebesar 268,3 persen YoY, yaitu sebesar Rp 72,1 miliar dari tahun sebelumnya Rp 19,6 miliar.

Adapun kontribusi penjualan SMKL pada Kuartal III-2021 ini berasal dari segmen Carton Box sebesar Rp 872,6 miliar, Offset Printing sebesar Rp 355 miliar, Pre-print sebesar Rp 232,8 miliar, dan Rigid Box sebesar Rp 73,9 miliar. Kontribusi penjualan terbesar SMKL berasal dari segmen Carton Box yang meningkat 23,1 persen YoY dan Offset Printing yang bertumbuh 22,3 persen YoY.

Baca juga: 5 Tips Cuan Saham Ala Lo Kheng Hong, Bisa Diterapkan Tahun 2022

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.