Cara Cek BPOM Melalui Website dan Aplikasi BPOM Mobile

Kompas.com - 30/12/2021, 12:43 WIB
Penulis Isna Rifka
|

KOMPAS.com - Cek BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan penting dilakukan untuk mencari informasi tentang produk kosmetik, obat, dan makanan. Sebab, banyak produk berbahaya tidak terdaftar BPOM cek atau cek nomor BPOM nya palsu.

BPOM adalah lembaga yang bertugas mengawasi peredaran obat dan makanan di Indonesia. Pengawasan cek produk BPOM bertujuan untuk mengetahui bahan, manfaat, dan dampak produk bagi kesehatan.

Mengutip Kompaspedia, obat dan makanan yang dimaksud berupa obat, bahan obat, narkotika, psikotropika, prekusor, zat adiktif, obat tradisional, suplemen kesehatan, kosmetik, dan pangan olahan. 

Pada era jual beli online di e-commerce ini banyak beredar produk-produk kosmetik, obat, dan makanan berbahaya yang dapat merusak tubuh jika dikonsumsi terus-menerus.

Baca juga: Praktis, Ini Cek NIK KTP Secara Online

Oleh karenanya, meski produk mengklaim sudah terdaftar BPOM, tidak ada salahnya untuk cek nomor BPOM tersebut di situs resmi cek BPOM atau aplikasi BPOM cek.

Sebab, jika diperhatikan dengan jeli di e-commerce banyak penjual kosmetik dan obat berbahaya yang memalsukan cek nomor BPOM produknya agar pembeli percaya produk tersebut aman padahal kenyataannya mengandung bahan berbahaya.

Fitur cek BPOM ini akan menampilkan nomor registrasi setiap produk kosmetik, obat, dan makanan yang terdaftar dan diawasi BPOM cek. Jadi saat menggunakan cek produk BPOM dan halaman pencarian memuat daftar produk tersebut maka produk yang di cek BPOM telah terdaftar dan aman digunakan.

Pada cara cek BPOM ini akan muncul keterangan pihak pendaftar, jenis produk, merek, dan nama produk yang bisa dicocokan dengan produk yang di cek nomor BPOM.

Baca juga: Cara Cetak Kartu Keluarga Online dan Akta Lahir secara Mandiri

Cara cek BPOM online melalui laman resmi cek produk BPOM sebagai berikut:

  • Buka laman resmi BPOM.
  • Pada kolom "Cari Berdasarkan" dengan pilihan "Nomor Registrasi", masukan nomor registrasi yang tertera di kemasan produk pada kolom "Kata Kunci".
  • Klik "Cari".
  • Sistem akan menampilkan informasi terkait produk yang dicari cek BPOM.

Ilustrasi cek BPOM, BPOM cek, cek produk BPOM, dan cek nomor BPOM.KOMPAS.com/Inten Esty Pratiwi Ilustrasi cek BPOM, BPOM cek, cek produk BPOM, dan cek nomor BPOM.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.