Giliran RNI yang Dapat Gelontoran Kredit Rp 1,1 Triliun dari Bank DKI

Kompas.com - 30/12/2021, 13:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank DKI menyalurkan fasilitas kredit modal kerja sebesar Rp 1,1 triliun ke PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

Fasilitas pembiayaan itu terdiri dari kredit modal kerja revolving sebesar Rp 700 miliar dan penambahan fasilitas kredit sebesar Rp 400 miliar.

"Penyaluran kredit ini diperuntukkan sebagai tambahan modal kerja usaha perdagangan komoditas pangan dan mencakup agro industri, serta dapat dipergunakan untuk modal kerja anak perusahaan RNI," ujar Direktur Keuangan Bank DKI Romy Wijayanto dalam keterangannya, Kamis (30/12/2021).

Baca juga: Apakah Penyaluran Kredit Bank DKI ke Ancol Senilai Rp 1,2 Triliun Terkait Formula E?

Ia menjelaskan, dalam industri pangan, RNI akan menjadi Holding BUMN Pangan, sehingga dengan dukungan modal kerja diharapkan RNI menjadi salah satu perusahaan pelat merah yang diandalkan dalam meningkatkan ketahanan pangan nasional.

Serta diharapkan mampu menjaga kestabilan harga produk komoditi pangan yang diproduksi atau diperdagangkan oleh RNI.

Romy bilang, sebelumnya Bank DKI juga telah menyalurkan kredit kepada RNI dan anak perusahaannya, diantaranya yaitu kerja sama pemanfaatan produk dan layanan perbankan melalui payroll dan kredit multi guna dengan Pabrik Gula (PG) Rajawali I pada 2021.

Selain itu, penyaluran kredit modal kerja kepada Pabrik Gula (PG) Rajawali I sebesar Rp 300 miliar di 2021. Serta penyaluran kredit modal kerja sebesar Rp 150 miliar ke PT Rajawali Nusindo pada 2019 dan masih berlangsung hingga saat ini.

“Penyaluran kredit Bank DKI kepada RNI merupakan upaya kolaborasi antara BUMN dan BUMD dalam mendukung ketahanan pangan nasional, serta dalam mendukung persiapan RNI sebagai induk holding BUMN Pangan,” tutup Romy.

Baca juga: BRI Perluas Kredit UMKM, Dorong Penyaluran Kreditnya Tumbuh 8-10 Persen pada 2022

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.