Pengembangan Bandara Kualanamu Diyakini Bisa Membuat Biaya Ke Luar Negeri Lebih Murah

Kompas.com - 30/12/2021, 22:34 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah mengatakan pengembangan Bandara Internasional Kualanamu akan berdampak positif dari sisi transportasi dan ekonomi.

Hal itu disampaikan setelah diskusi tentang pengembangan Bandara Internasional Kualanamu bersama PT. Angkasa Pura II dan GMR Airports Consortium di Rumah Dinas Wakil Gubernur di Kota Medan pada Kamis (30/12/2021).

“Selama ini kita tahu, kita sendiri mau berangkat ke luar selalu melalui Bandara Changi atau KLIA Malaysia, atau kita kembali lagi ke Jakarta. Ini kan akan memakan biaya, waktu. Sementara kalau bisa di tempat kita, artinya secara biaya akan terpotong, lebih murah,” ujar Musa.

Dengan pengembangan Bandara Kualanamu, Musa yakin akan banyak maskapai asing yang yang mendarat di bandara tersebut. Selain itu, pengelolaan ground handling, pengisian bahan bakar, dan lainnya akan lebih baik.

Baca juga: Dalam 25 Tahun ke Depan, Bandara Kualanamu Ditargetkan Miliki 50 Rute Penerbangan Internasional

“Yang kedua investasi, dengan adanya bandara seperti ini artinya pesawat-pesawat yang dari luar itu lebih mudah untuk datang kemari,” kata Musa.

Musa berharap, Bandara Kualanamu bisa membuka kesempatan untuk pengembangan pariwisata. Selain itu, proses pengembangan Bandara Kualanamu akan menyerap banyak tenaga kerja.

“Kami berharap pembangunan ini sesuai rencana dan kerja sama ini terus berlanjut sesuai target kerja Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, dan Pemprov Sumatera Utara siap mendukung untuk ini (pengembangan Bandara Kualanamu),” ujar Musa.

Seperti diketahui, PT Angkasa Pura II (Persero) telah memilih GMR Airports Consortium sebagai mitra strategis dalam pengembangan Bandara Kualanamu.

GMR Airports Consortium merupakan Strategic Investor yang dimiliki oleh GMR Group asal India dan Aéroports de Paris Group (ADP).

Konsorsium ini merupakan jaringan operator bandara yang melayani penumpang terbanyak di dunia.

Baca juga: Berkonsep Airport City, Bandara Kualanamu Akan Dilengkapi Hotel hingga Theme Park

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.