Mau Ajukan KUR Bank Mandiri? Ini Syarat, Ketentuan dan Bunganya

Kompas.com - 31/12/2021, 05:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada banyak program pembiayaan yang bisa dimanfaatkan pelaku usaha. Misalnya, program kredit usaha rakyat (KUR). KUR adalah program kredit yang mendapatkan fasilitas subsisi dari pemerintah, salah satunya yakni KUR Mandiri atau KUR Bank Mandiri.

Mengutip dari laman kur.ekon.go.id, KUR adalah salah satu program pemerintah dalam meningkatkan akses pembiayaan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). KUR ini disalurkan melalui lembaga keuangan dan perbankan termasuk bank Mandiri (KUR Mandiri).

Program KUR (KUR Mandiri) dimaksudkan untuk memperkuat kemampuan permodalan usaha dalam rangka pelaksanaan kebijakan percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UMKM.

Baru-baru ini, pemerintah melalui Komite Kebijakan Pembiayaan bagi UMKM memutuskan untuk menaikan plafon KUR pada tahun 2022 menjadi Rp 373,17 triliun. Pemerintah juga memutuskan untuk mempertahankan suku bunga KUR (termasuk KUR Mandiri) tahun 2022 di level 6 persen.

Baca juga: Erick Thohir Beberkan Kinerja BUMN Sepanjang 2021

Peningkatkan plafon KUR 2022 untuk bank BUMN ini dilakukan untuk menambah kuota KUR lembaga penyalur. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sendiri menjadi salah satu bank penyalur terbesar. Lalu apa saja syarat KUR Mandiri (KUR Bank Mandiri).

Dikutip dari laman resminya, bankmandiri.co.id, KUR adalah kredit atau pembiayaan yang diberikan oleh perbankan kepada UMKM yang feasible tapi belum bankable.

Pinjaman KUR Mandiri bertujuan untuk meningkatkan dan memperluas pelayanan Bank kepada UMKM produktif, meningkatkan kapasitas daya saing UMKM, mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, serta menanggulangi kemiskinan.

Jenis KUR Mandiri

Ada 5 jenis KUR Mandiri (KUR Bank Mandiri) yang tersedia. Berikut rinciannya:

Baca juga: Dapat Modal Rp 1 Triliun, Bank Tanah Beroperasi di Awal 2022

1. KUR Super Mikro

KUR Super Mikro adalah pembiayaan dengan limit kredit maksimal sampai dengan Rp 10 juta per debitur dan jangka waktu. Jenis KUR Mandiri ini untuk Kredit Modal Kerja (KMK) maksimal 3 tahun dan Kredit Investasi (KI) maksimal 5 tahun

2. KUR Mikro

Sedangkan KUR Mikro adalah pembiayaan dengan limit kredit di atas Rp 10 Juta, maksimal sampai dengan Rp 50 juta per debitur dan jangka waktu Kredit Modal Kerja (KMK) maksimal 3 tahun dan Kredit Investasi (KI) maksimal 5 tahun.

Syarat, ketentuan dan besaran bunga dalam program KUR Mandiri SHUTTERSTOCK Syarat, ketentuan dan besaran bunga dalam program KUR Mandiri

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.