Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Liter dalam Satu Galon Aqua?

Kompas.com - 31/12/2021, 07:18 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Berapa liter dalam satu galon Aqua? Pertanyaan tersebut barangkali cukup sering ditanyakan. Galon sejatinya bukanlah nama resmi dari sebuah wadah air yang biasa dipakai untuk menampung air mineral isi ulang. 

Dikutip dari Science Trends, galon merujuk pada satuan ukur volume. Di Amerika Serikat, 1 galon setara dengan 3,785 liter air. Sementara berapa menurut standar Inggris, 1 galon adalah setara dengan 4,546 liter air. 

Sementara satu galon air mineral di Indonesia biasanya setara dengan lima galon di AS, seperti pada merek Aqua. Secara resmi, dalam satu galon merek Aqua adalah berisi 19 liter. 

Sebagai informasi, liter biasanya digunakan untuk mengukur volume barang yang disesuaikan dengan ukuran wadahnya, seperti cairan atau kumpulan padatan kecil yang dapat dituangkan dari satu wadah ke wadah lainnya.

Penting juga untuk diingat bahwa liter juga dapat disebut sebagai sentimeter kubik. Tingkat pengukuran liter lainnya termasuk dekaliter, hektoliter, kiloliter, dan megaliter.

Baca juga: Satu Galon Berapa Liter?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com