Kompas.com - 31/12/2021, 10:45 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama memasuki momen Natal dan Tahun Baru 2022, harga telur terpantau naik.

Mengutip dari situs resmi Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), Jumat (31/4/2021), harga komoditas telur kemarin 30 Desember 2021 naik sebesar Rp 200 menjadi Rp 30.300 per kilogram.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menerangkan terkait fluktuasi harga telur yang meningkat saat ini disebabkan oleh dinamika pada momentum hari besar Natal dan Tahun Baru 2022.

Baca juga: Harga Telur Ayam Ras Tembus Rp 31.822 Per Kg, Berikut Harga Pangan di Jakarta Hari Ini

Namun Kementan juga akan segera berupaya supaya harga stabil dan peternak juga tetap bisa diuntungkan.

“Saya melihat seperti apa kesiapan – kesiapan peternak kita khususnya peternak petelur dan 3 haji bersama saya yang memiliki resort peternakan sampai 1 juta ekor ayam mengatakan hasilnya per hari telur itu cukup melimpah,” ujar Mentan dalam siaran resminya, Jumat (31/12/2021).

Baca juga: Harga Telur Ayam Naik, Pedagang Eceran: Enggak Berani Ambil Banyak, Takut Enggak Laku

Mentan berkomitmen terus memperbaiki hulu dan hilir peternakan ayam petelur untuk mengurangi importasi bahan makanan dengan bahan dasar telur.

Kedepan pun, kata dia, berbagai kebijakan harus terus dibenahi di lapangan sehingga peternak Indonesia lebih tangguh dengan berbagai gejolak di pasar.

“Ada yang terus kita harus benahi antara lain tentu saja bukan peternaknya saja yang baik bagaimana budidaya pakannya ternak harus dipersiapkan bahkan dihulu yang utamanya adalah hadir pertanian jagung sehingga kedepan ini bisa terintegrasi, terkorporasi dalam satu sistem,” kata Mentan.

Kementerian Pertanian juga memastikan bahwa produksi telur saat Natal dan Tahun Baru 2022 aman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.