Kompas.com - 31/12/2021, 21:52 WIB
Penulis Isna Rifka
|

KOMPAS.com - Koperasi merupakan salah satu badan usaha penopang ekonomi rakyat dan sudah mengalami sejarah yang panjang. Bagaimana sejarah apa itu koperasi?

Kata koperasi berasal dari bahasa Inggris yakni cooperation yang artinya kerja sama. Dari asal kata koperasi dapat disimpulkan apa itu koperasi.

Apa yang dimaksud koperasi adalah suatu badan usaha yang dikelola dan dimiliki oleh anggotanya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi anggotanya.

Menurut siapa bapak koperasi Indonesia adalah Mohammad Hatta, apa itu koperasi adalah suatu jenis badan usaha bersama yang menggunakan asas kekeluargaan dan gotong royong.

Baca juga: Apa Pengertian Koperasi dan Ciri-Ciri Koperasi

Menurut Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, pengelolaan apa itu koperasi didasari pada asas kekeluargaan dan gotongroyong serta mendahulukan kebutuhan anggota ketimbang keuntungan semata.

Dengan didasari asas tersebutlah apa yang dimaksud dengan koperasi dapat menopang ekonomi rakyat Indonesia selama puluhan tahun.

Hal ini terbukti dari data Kementerian Koperasi dan UKM, pada 2019 jumlah koperasi di seluruh Indonesia mencapai 123.048 unit dan jumlah anggotanya sebanyak 22 juta orang.

Jika sudah memahami apa yang dimaksud dengan koperasi, mari simak dengan seksama sejarah koperasi di dunia dan di Indonesia untuk mengetahui siapa bapak koperasi Indonesia mengutip dari Gramedia Blog.

Baca juga: Pasar Monopoli: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh di Indonesia

Sejarah apa itu koperasi dan siapa bapak koperasi Indonesia

Gerakan apa itu koperasi di dunia dimulai pada pertengahan abad 18 dan awal abad 19, koperasi saat itu dinamakan Koperasi Pra Industri.

Gerakan ini lahir karena revolusi industri gagal mewujudkan semboyan Liberte-Egalite-Fraternite (kebebasan-persamaan-kebersamaan). Sebab revolusi industri tidak membawa perubahan terhadap kondisi ekonomi rakyat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.