Mengenal Prinsip Ekonomi: Definisi, Manfaat, hingga Ciri-cirinya

Kompas.com - 02/01/2022, 05:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comPrinsip ekonomi adalah istilah yang melekat dalam ilmu ekonomi. Pada dasarnya, ekonomi dan prinsip ekonomi adalah tentang memuaskan keinginan konsumen yang tidak terbatas dengan sumber daya yang terbatas.

Pengertian prinsip ekonomi

Dikutip dari study.com, secara umum prinsip ekonomi adalah hal-hal yang mencakup berbagai macam hukum dan teori ekonomi. Khususnya yang menjelaskan bagaimana suatu ekonomi berupaya memenuhi permintaan tak terbatas di pasar dengan pasokan sumber daya yang terbatas.

Dalam pengertian lain, prinsip ekonomi adalah studi tentang pilihan yang dibuat konsumen dan faktor serta perilaku yang mempengaruhi pilihan tersebut.

Sementara itu, dikutip dari laman Kementerian Keuangan, prinsip ekonomi adalah panduan dalam kegiatan ekonomi untuk mencapai perbandingan rasional antara pengorbanan yang dikeluarkan dan hasil yang diperoleh.

Baca juga: Menko Airlangga Optimistis Ekonomi Tumbuh 5 Persen di Kuartal IV 2021

Bisa dikatakan, prinsip ekonomi adalah panduan dalam memperkecil resiko kerugian serta mencapai perbandingan rasional. Tujuan utama dari prinsip ekonomi adalah mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dan kerugian yang seminim-minimnya.

Adapun penerapan prinsip ekonomi adalah pada tiga kegiatan berbeda yaitu produksi, distribusi dan konsumsi. Dengan kata lain, prinsip ekonomi pedoman bagi para pelaku ekonomi dalam tiga kegiatan tadi.

Secara sederhana, hubungan dari ketiga prinsip dasar atau prinsip ekonomi adalah serangkaian proses dari menghasilkan barang (produksi), memasarkan (distribusi), dan memakai barang tersebut (konsumsi).

Meski kegiatan ekonomi telah mengalami banyak perkembangan, namun tetap melibatkan ketiga prinsip dasar produksi, distribusi, dan konsumsi.

Baca juga: Pengertian Ekonomi Kreatif dan Hubungannya dengan Industri Kreatif

Sedangkan tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup dan bertahan hidup.

Prinsip ekonomi adalah istilah yang erat kaitannya dengan prinsip dasar konsumsi, produksi dan distribusiPIXABAY Prinsip ekonomi adalah istilah yang erat kaitannya dengan prinsip dasar konsumsi, produksi dan distribusi

Manfaat prinsip ekonomi

Dikutip dari laman Gramedia.com, manfaat prinsip ekonomi adalah mengoptimalkan sumber daya yang ada untuk memperoleh keuntungan maksimal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.