Kompas.com - 02/01/2022, 09:25 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Di tengah ramainya topik larangan ekspor batu bara, ternyata Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki cadangan batu bara terbesar di dunia.

Berdasarkan data BP’s Statistical Review of World Energy 2021 yang dikutip pada Minggu (2/1/2022), Indonesia berada di urutan ke-7 dalam daftar pemilik cadangan batu bara terbesar dunia tahun 2020.

Cadangan batu bara Indonesia tahun 2020 tercatat sebesar 34,8 miliar ton, dengan rasio cadangan terhadap produksi (R/P Ratio) selama 62 tahun.

Baca juga: PLN Krisis Pasokan, Ekspor Batu Bara Resmi Dilarang Selama Sebulan

Artinya, dengan asumsi kekuatan produksi yang dilakukan seperti selama ini, tingkat keawetan cadangan batu bara Indonesia adalah 62 tahun.

Sejalan dengan itu, cadangan batu bara Indonesia setara dengan 3,2 persen dari total cadangan batu bara dunia sebanyak 1,07 triliun ton.

Secara lengkap, berikut 10 negara dengan cadangan batu bara terbesar di dunia pada tahun 2020:

  1. Amerika Serikat
  2. Rusia
  3. Australia
  4. China
  5. India
  6. Jerman
  7. Indonesia
  8. Ukraina
  9. Polandia
  10. Kazakhstan

Baca juga: Ekspor Batu Bara Indonesia Terbesar ke-2 Dunia, Kini Krisis Pasokan di Negeri Sendiri

Data cadangan batu bara dunia

Amerika Serikat menjadi negara dengan cadangan batu bara terbesar di dunia. Negeri Paman Sam tersebut punya cadangan batu bara sebanyak 248,9 miliar ton.

Angka tersebut setara dengan 23,2 persen dari total cadangan batu bara dunia. Adapun rasio rasio cadangan terhadap produksi baru bara Amerika Serikat adalah di atas 500 tahun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.