Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Dimaksud dengan Wirausaha dan Sifatnya

Kompas.com - 02/01/2022, 13:02 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Muhammad Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apa itu wirausaha? Wirausaha berperan penting dalam perekonomian suatu negara karena dapat menciptakan lapangan kerja baru. Apa yang dimaksud dengan wirausaha?

Di banyak negara, wirausaha adalah aspek penting yang memainkan peran vital dalam perekonomian. Pasalnya, sektor swasta yang digerakan para wirausaha ini menjadi penyumbang ekonomi terbesar.

Sikap wirausaha yang selalu ingin tahu membuat wirausaha selalu dapat menemukan inovasi baru di dunia usaha. Oleh karenanya, seorang wirausaha harus memiliki sifat wirausaha agar bisnisnya bisa berkembang dengan baik.

Pedangang di pasar, toko kelontong di samping rumah, hingga penjual nasi uduk langgananmu merupakan contoh wirausaha yang ada di sekitar kita. Lantas apa yang dimaksud dengan wirausaha?

Baca juga: Kelemahan dan Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Tradisional

Apa yang dimaksud dengan wirausaha?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, apa itu wirusaha adalah gabungan dari kata wira yang berarti pahlawan atau laki-laki dan usaha artinya pekerjaan untuk mencapai suatu maksud.

Dengan demikian wirausaha adalah seseorang yang melakukan pekerjaan dengan seluruh kemampuannya seperti modal, tenaga, dan ide untuk mencapai keuntungan.

Mengutip Investopedia, wirausaha adalah seseorang yang menciptakan bisnis baru dengan menanggung sebagian besar risiko dan menikmati sebagian besar imbalan. Seorang wirausaha umumnya dipandang sebagai inovator, sumber ide, barang, jasa, atau bisnis baru.

Wirausaha adalah memainkan peran kunci dalam ekonomi dengan menggunakan keterampilan dan inisiatifnya untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan membawa ide-ide baru yang bagus ke pasar.

Baca juga: Contoh dan Kelebihan Sistem Ekonomi Liberal

Sikap wirausaha yang selalu ingin tahu membuat wirausaha selalu menyukai tantangan dengan menciptakan perusahaan atau usaha kecil untuk mewujudkan ide mereka. Kemudian menggabungkan modal dan tenaga kerja untuk menghasilkan barang atau jasa untuk mendapat keuntungan.

Apa itu wirausaha dapat sangat berisiko tetapi juga bisa sangat bermanfaat karena dapat menggerakkan perekonomian dengan membuka lapangan kerja untuk masyarakat.

Apa itu wirausaha dapat ditemukan di sekitar kita seperti pedagang di pasar. Lalu yang bukan sifat dari wirausaha adalah?freepik.com/brgfx Apa itu wirausaha dapat ditemukan di sekitar kita seperti pedagang di pasar. Lalu yang bukan sifat dari wirausaha adalah?

Wirausahawan yang terbukti berhasil untuk mengambil risiko kemudian menciptakan perusahaan rintisan akan mendapatkan keuntungan besar, ketenaran, dan peluang pertumbuhan yang berkelanjutan.

Namun, apa yang dimaksud dengan wirausaha yang gagal dalam mengembangkan inovasi dan idenya adalah dapat merugi besar dan bahkan langsung gulung tikar.

Oleh karenanya, seorang wirausaha tidak boleh melakukan yang bukan sifat dari wirausaha adalah mudah putus asa, tidak siap menerima umpan bailik, tidak dapat menyikapi uang, dan sebagainya.

Jika sudah memahapi pengetian apa yang dimaksud dengan wirausaha, maka simak sifat-sifat yang harus ada dalam diri seorang wirausaha berikut ini.

Baca juga: Kelebihan, Contoh, dan Ciri-ciri Sistem Ekonomi Campuran

Sifat apa itu wirausaha

Mengingat dalam dunia usaha pasti ada pasang surut dan kesuksesan juga kegagalan, maka seorang wirausaha adalah harus memiliki sifat-sifat tertentu agar dapat membantunya mencapai kesuksesan dalam usaha.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com