Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peran Kewirausahaan dalam Perekonomian Indonesia

Kompas.com - 02/01/2022, 21:53 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Muhammad Idris

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Wirausaha yang secara mandiri membangun usaha berperan penting pada ekonomi negara. Apa peran kewirausahaan dalam perekonomian Indonesia adalah?

Sebelum mengetahui peran kewirausahaan, pahami dulu pengertian wirausaha menurut beberapa ahli. Menurut Peter F. Drucker, wirausaha adalah orang yang memiliki kemampuan untuk membuat sesuatu yang baru, berbeda, dan khas.

Sementara menurut Thomas W. Zimmerer, Norman M. Scarborough, dan Doug Wilson wirausaha adalah seseorang yang menciptakan bisnis baru dengan mengambil risiko untuk mendapatkan keuntungan dan pertumbuhan, dengan cara mengidentifikasi peluang dan sumber-sumber daya yang diperlukan sehingga dapat dimanfaatkan.

Dengan demikian pengertian wirausaha adalah orang yang menciptakan hal baru dan inovatif serta berani mengambil risiko untuk mendapatkan keuntungan.

Lantas peran kewirausahaan dalam perekonomian Indonesia adalah?

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Wirausaha dan Sifatnya

Peran kewirausahaan dalam perekonomian Indonesia adalah

Indonesia merupakan negara berkembang mengingat jumlah penduduknya yang relatif banyak. Hal ini tentu berdampak pada kondisi ekonomi dan sosial yang belum merata kesejahteraannya.

Masalah yang umumnya dihadapi oleh negara berkembang seperti Indonesia adalah tingginya tingkat kemiskinan dan pengangguran, rendahnya tingkat kesejahteraan dan pendidikan, mahalnya harga pangan dan kesehatan, dan sebagainya.

Cara untuk mengatasi masalah-masalah tersebut diperlukanperan kewirausahaan dalam perekonomian Indonesia adalah.

Melalui pengertian di atas, dapat diketahui peran wirausaha dalam perekonomian Indonesia adalah sangat diperlukan untuk menciptakan bisnis baru agar dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

Baca juga: Modal Rp 250 Juta, Bagaimana Cara Daftar Pertashop Pertamina?

Dengan menciptakan lapangan kerja baru,peran kewirausahaan dalam perekonomian Indonesia adalah mengurangi pengangguran dan kemiskinan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Peran kewirausahaan dalam perekonomian Indonesia adalah meningkatkan kesejahteraan rakyat.freepik.com/ tirachardz Peran kewirausahaan dalam perekonomian Indonesia adalah meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Hal ini serta-merta dapat membantu perputaran perekonomian di Indonesia.

Namun, untuk bisa menjadi wirausaha yang handal, seseorang harus berusaha menjadi produktif, memiliki kemandirian yang tinggi, dan mampu melihat peluang dan tantangan yang ada.

Berikut peran wirausaha dalam perekonomian Indonesia dilansir dari situs Investopedia, di antaranya adalah:

1. Memacu pertumbuhan ekonomi

Peran wirausaha dalam perekonomian Indonesia adalah produk dan layanan baru yang diciptakan oleh wirausaha dapat menghasilkan efek berjejang.

Hal ini merupakan salah satu peran kewirausahaan dalam perekonomian Indonesia adalah bisa merangsang bisnis atau sektor terkait sehingga dapat mendukung usaha baru dan berdampak pada peningkatan ekonomi.

Baca juga: Pasar Monopoli: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh di Indonesia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com