Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut Ajak Kawan-kawan Sekaliber Rachmat Kaimuddin Gabung di Pemerintahan

Kompas.com - 03/01/2022, 16:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengajak orang-orang yang berprestasi untuk mengabdikan diri kepada negara atau bergabung di pemerintahan.

Ajakan ini seiring bergabungnya mantan Direktur Utama PT Bukalapak.com Tbk, Rachmat Kaimuddin di Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi sejak hari ini, sebagai Penasehat Khusus Luhut di bidang Pengembangan Teknologi Berkelanjutan.

"Untuk itu, saya juga mengundang teman-teman sekaliber Rachmat Kaimuddin ini untuk mau bergabung di pemerintah, memberikan sumbangan pemikiranmu. Karena kalian itu pahlawan-pahlawan yang menurut saya yang membawa perubahan untuk negeri ini," ajak Luhut melalui konferensi pers virtualnya, Senin (3/1/2022).

Baca juga: Jadi Anak Buah Luhut, Gaji Rachmat Kaimuddin Lebih Kecil Dibandingkan di Bukalapak

Luhut berkali-kali memuji Rachmat Kaimuddin yang mau melepas jabatan Dirutnya di Bukalapak. Sebelum bergabungnya Rachmat menjadi pegawai di lingkungan Kemenko Marves, eks Kepala Staf Presiden ini juga melakukan interview.

"Itu saya bangga sekali melihat Saudara Rachmat berani dan mau meninggalkan kenyamanan di private sector. Saya interview dia, dan dia siap untuk mengabdikan dirinya di pemerintah," ucapnya.

Profil serta Prestasi Rachmat Kaimuddin

Prestasi Rachmat Kaimuddin sendiri telah mengantarkan Bukalapak.com sebagai perusahaan unicorn pertama yang melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Selain itu, latar belakang pendidikannya memperoleh gelar Bachelor of Science dari Massachusetts Institute of Technology, Cambridge, MA, dan Master of Business Administration dari Stanford University, California, Amerika Serikat.

Baca juga: Ini Jabatan Mantan Bos Bukalapak di Kemenko Kemaritiman dan Investasi

Dia merupakan pria kelahiran asal Makassar, Sulawesi Selatan pada 15 April 1979. Ia menjabat sebagai CEO Bukalapak sejak 6 Januari 2021 menggantikan posisi Achmad Zaky.

Pada 2012, Rachmat Kaimuddin dipercaya menjadi Penasehat Dewan Direksi PT Toba Bara Sejahtera Tbk, perusahaan yang di dalamnya ada kepemilikan saham Luhut.

Dari 2012 hingga 2014, ia duduk sebagai Wakil Presiden Baring Private Equity Asia, perusahaan ekuitas privat yang relatif baru beroperasi di Indonesia. Setelah itu, ia bergabung dengan perusahaan Bosowa Group, milik Aksa Mahmud sejak Juni 2014 hingga Juni 2018.

Selama di Bosowa, ia menjadi Direktur PT Bosowa Corporindo. Ia juga merangkap sebagai Komisaris Bank Bukopin dan Managing Director PT Semen Bosowa Maros (sejak November 2016). Pada Mei 2018, setelah empat tahun menjabat Komisaris Bank Bukopin, ia dipromosikan menjadi Direktur Keuangan dan Perencanaan.

Baca juga: Eks Bos Bukalapak Rachmat Kaimuddin Direkrut Luhut Gabung Kemenko Marves

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+