Luhut Sesumbar Penanganan Pandemi di RI: Hampir Tidak Ada di Dunia Ini Seperti Kita Telatennya

Kompas.com - 03/01/2022, 17:47 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan memimpin rakor pengembangan percepatan infrastruktur Provinsi Banten secara virtual, Jakarta, Kamis (18/2/2021). Dokumentasi Humas Kemenko MarvesMenko Marves Luhut Binsar Pandjaitan memimpin rakor pengembangan percepatan infrastruktur Provinsi Banten secara virtual, Jakarta, Kamis (18/2/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang juga Koordinator Penanganan PPKM wilayah Jawa dan Bali, Luhut Binsar Pandjaitan sesumbar bahwa penanganan Covid-19 di Indonesia sangat telaten.

Malah menurut Luhut, tidak ada negara-negara lain yang bisa seperti Indonesia mengatasi pandemi Covid-19. Hal tersebut karena koordinasi di pemerintahan Presiden Joko Widodo yang begitu aktif.

Baca juga: Eks Bos Bukalapak Rachmat Kaimuddin Direkrut Luhut Gabung Kemenko Marves

"Hampir tidak ada di dunia ini yang seperti kita telatennya menangani Covid-19 ini. Artinya, terpadu, terintegerasi, holistik. Kemudian, ada meeting regular yang dilakukan dari mulai pimpinan tertinggi sampai ke bawah. Itu yang membuat kita mungkin berada di posisi seperti sekarang ini," ujarnya melalui keterangan pers virtual mengenai evaluasi PPKM, Senin (3/1/2022).

Baca juga: Kaleidoskop 2021, Catatan Aksi Luhut Atasi Delta-Omicron: PPKM Darurat, Kontroversi PCR hingga Lockdown Wisma Atlet

Meski begitu, mantan Jenderal Kopassus ini mengingatkan untuk tidak jumawa. Dalam rapat terbatas yang digelar hari ini, Luhut menyampaikan pesan dari Presiden agar bisa mengatasi RI tidak hanya soal pandemi, ekonomi pun turut dibenahi.

Baca juga: Luhut Percaya Diri Indonesia Lebih Siap Atasi Omicron, Ini Alasannya

"Tapi kita tetap tidak jumawa, tidak sombong dan ingin saya katakan bahwa kita sudah melakukan yang terbaik. Orang bisa belajar dari kita mungkin, melihat bagaimana kita menangani. Tadi Pak Presiden juga menyampaikan, penanganan bukan hanya Covid-19, yang lain pun kita harus lakukan seperti ini sehingga betul-betul bisa menyelesaikan masalah," tutur dia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.