Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Prinsip Etika Profesi Beserta Pengertiannya

Kompas.com - 04/01/2022, 07:37 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Muhammad Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Etika profesi menjadi pedoman seorang pekerja selama mengerjakan tugas-tugasnya. Apa yang dimaksud dengan etika profesi dan yang merupakan prinsip-prinsip etika profesi adalah?

Seperti diketahui, pelaku profesi adalah orang yang bekerja dengan keterampilan dan berkeahlian khusus yang didapatkan dari pendidikan dan pelatihan tertentu.

Oleh karenanya, dibutuhkan etika profesi untuk menjaga martabat dan kehormatan profesi tersebut serta melindungi masyarakat dari segala bentuk penyimpangan maupun penyalahgunaan keahlian.

Etika profesi adalah dibentuk oleh organisasi resmi para pelaku suatu profesi. Tanpa etika profesi, profesi yang dihormati masyarakat akan menjadi jenis pekerjaan biasa.

Baca juga: 10 Pertanyaan Interview Kerja dan Jawabannya

Dengan adanya etika profesi adalah juga menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap profesi tersebut, selama anggota organisasi profesi berkesadaran kuat untuk mengikuti etika profesinya.

Simak penjelasan pengertian etika profesi adalah, pentingnya etika profesi, dan yang merupakan prinsip-prinsip etika profesi adalah di bawah ini.

Pentingnya etika profesi

Mengutip buku Etika Profesi: Membangun Profesionalisme Diri (2020) oleh Sukarman Purba, ‎Astuti Astuti, dan ‎Juniyanto Gulo.

Menurut seorang ahli bernama Suseno, etika profesi adalah sub sistem dari etika sosial yang diartikan sebagai filsafat atau pemikiran kritis yang rasional tentang kewajiban dan tanggung jawab manusia sebagai anggota umat manusia.

Baca juga: Profesi yang Banyak Dicari, Apa Itu Digital Marketing?

Nilai etika bukan hanya miliki perorangan tapi juga milik kelompok sosial masyarakat. Kemunculan etika profesi adalah untuk menyempurnakan perilaku kerja ke arah yang lebih baik dan sesuai dengan yang diharapkan.

Etika pofesi harus dipahami sebagai rambu-rambu yang disepakati bersama pelaku profesi yang sama dalam menjalankan tugasnya. Hal ini supaya profesi berjalan sesuai dengan rambu-rambu yan ada dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Etika profesi adalah memiliki 4 hal yang merupakan prinsip-prinsip etika profesi adalah otonomi, integritas moral, keadilan, dan tanggung jawab.freepik.com/rawpixel.com Etika profesi adalah memiliki 4 hal yang merupakan prinsip-prinsip etika profesi adalah otonomi, integritas moral, keadilan, dan tanggung jawab.

Dengan demikian, etika profesi sangat penting bagi setiap kelompok profesi agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Bahkan seringkali pekerja terlihat kaku dalam memahami etika profesi.

Yang merupakan prinsip-prinsip etika profesi adalah

Etika profesi memiliki prinsip dasar yang menjadi landasan dalam mengerjakan pekerjaannya. Berikut empat hal yang merupakan prinsip-prinsip etika profesi adalah:

1. Prinsip otonomi

Prinsip pertama yang merupakan prinsip-prinsip etika profesi adalah prinsip otonomi.

Prinsip otonomi ini mewajibkan setiap pelaku profesi memiliki wewenang dan kebebasan bekerja dan berpendapat sesuai dengan profesi yang dijalankan.

Prinsip ini menuntut agar setiap kaum profesional memiliki dan diberikan kebebasan dalam menjalankan profesinya.

Baca juga: Profesi dengan Risiko Besar, Berapa Gaji Pilot Per Bulan?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com