Pemerintah Gelontorkan PMN Rp 142,5 Triliun Sepanjang 2021, Paling Besar buat BUMN

Kompas.com - 04/01/2022, 11:30 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, realisasi pembiayaan investasi sementara atau penanaman modal pemerintah (PMN) mencapai Rp 142,5 triliun sepanjang tahun 2021.

Investasi itu diberikan kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN), lembaga/badan lainnya, hingga BLU. Bendahara negara ini mengungkap investasi kepada BUMN meningkat dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

"Kita akan terus memantau terutama karena kenaikan (PMN) BUMN sangat besar. Saya minta supaya sekarang ada KPI (key perfomance index/KPI) bagi para direksi penerimaan PMN itu," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN Kita, Senin (3/1/2022).

Baca juga: Sri Mulyani: 55 Persen BUMN yang Disuntik Modal Punya Utang Jumbo

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu merinci, investasi kepada BUMN sepanjang tahun 2021 mencapai Rp 71,2 triliun. Angkanya melonjak dibanding tahun sebelumnya yang sebesar Rp 31,3 triliun.

PMN ini diberikan dalam rangka pelaksanaan penugasan khusus oleh pemerintah untuk percepatan pembangunan infrastruktur dan mendukung pemulihan ekonomi nasional, serta memperbaiki struktur permodalan dan untuk meningkatkan kapasitas usaha BUMN.

"Jadi BUMN mendapat PMN 2 kali lebih besar, lebih dari dua kali lipat dibanding sebelumnya. Makanya nanti kita ingin dividennya tahun depan bisa kembali lagi," beber Sri Mulyani.

Baca juga: Duduk Perkara Adu Argumen Sri Mulyani Vs Grup Texmaco, Pemilik Bantah Utang Rp 29 T, Berujung Penyitaan Aset oleh Satgas BLBI

Adapun investasi kepada lembaga lain relatif steady dari Rp 25 triliun pada tahun 2020 menjadi Rp 21 triliun pada tahun 2021.

Investasi ditujukan untuk modalitas pembentukan sovereign wealth fund/SWF dan lembaga bank tanah dalam rangka pendukung pembangunan dan pemulihan ekonomi, serta peningkatan kapasitas ekspor.

Baca juga: Sri Mulyani Prediksi Ekonomi Indonesia hanya Tumbuh 3,7 Persen Sepanjang 2021

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.