Kompas.com - 04/01/2022, 13:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koordinator bidang Perekonomian menilai minyak goreng berperan penting dalam menyumbang inflasi nasional di bulan Desember 2021.

Dalam keterangan resmi yang diterima Kontan, pemerintah mengungkapkan bahwa minyak goreng mempunyai andil terhadap inflasi umum sebesar 0,31 persen.d

Semenjak Juli 2020, minyak goreng telah menunjukkan kenaikan harga sebesar 46,32 persen. Menurut data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) per 31 Desember 2021, harga minyak goreng telah mencapai Rp 19.900 per liter.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, bahwa kenaikan harga crude palm oil (CPO) berdampak besar terhadap kenaikan harga minyak goreng sebagai turunannya.

Baca juga: Penjualan Kartu Multi Trip Capai 2,1 Juta Unit pada 2021

“Kenaikan harga CPO saat ini memang berdampak terhadap konsumen yaitu kenaikan harga minyak goreng sebagai salah satu turunannya. Namun di sisi lain juga memberikan insentif kepada kesejahteraan petani yang terlihat dari kenaikan Nilai Tukar Petani Perkebunan Rakyat (NTPR),” ungkap Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Dalam mengatasi naiknya harga minyak goreng, disebutkan juga bahwa saat ini pemerintah bersama dengan produsen minyak goreng dan pengusaha ritel, membuat program penyediaan 11 juta liter minyak goreng kemasan sederhana seharga Rp 14.000 per liter, yang disalurkan  melalui skema operasi pasar, khususnya menjelang periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. (Reporter: Achmad Jatnika | Editor: Handoyo)

Baca juga: Ombudsman Usulkan agar Susunan Pansel OJK Diubah, Ini Alasannya

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Naiknya Harga Minyak Goreng Berperan Besar Terhadap inflasi Desember 2021

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.