Penyalur Air Minum Se-Indonesia, PDAM Singkatan dari?

Kompas.com - 04/01/2022, 17:00 WIB

KOMPAS.com - PDAM singkatan dari Perusahaan Daerah Air Minum. PDAM termasuk pada perusahaan Badan Usaha (BUMD) yang memberikan jasa pelayanan dan menyelenggarakan kemanfaatan di bidang air minum.

Perusahaan air minum milik pemerintah sudah ada sejak penjajahan Belanda di tahun 1920an bernama Waterleiding. Kemudian, pada zaman penjajahan Jepang berganti nama menjadi Suido Syo.

PDAM singkatan dari Perusahaan Daerah Air Minum. PDAM termasuk pada perusahaan BUMD.

Aktivitas PDAM adalah antara lain mengumpulkan, mengolah, menjernihkan, hingga mendistribusikan air ke masyarakat atau pelanggan. Apa itu PDAM ada di setiap provinsi, kabupaten, dan kotamadya di seluruh Indonesia.

Pasalnya, air minum menjadi kebutuhan pokok yang sangat vital bagi masyarakat. Untuk itulah peran PDAM adalah menyediakan air bersih yang bisa digunakan untuk makan dan minum masyarakat sehari-hari.

Baca juga: Cara Top Up Free Fire Diamond via Shopee dan Tokopedia

PDAM singkatan dari Perusahaan Daerah Air Minum, merupakan perusahaan daerah sebagai sarana penyedia air bersih yang diawasi dan dimonitor oleh aparat eksekutif maupun legislatif daerah.

Peran pemerintah dalam PDAM

Dengan adanya parameter kualitas air, maka dibutuhkan peran pemerintah dalam mengelola bahan baku air minum untuk melindungi kualitas air agar sesuai dengan parameter kualitas air, yaitu melalui PDAM.

PDAM termasuk pada perusahaan BUMD merupakan badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh daerah.

Dengan demikian, PDAM termasuk pada perusahaan bukan instansi pemerintahan tapi pemerintah memegang andil pada kepengurusan PDAM.

Baca juga: Cara Top Up Free Fire Diamond via Website

PDAM singkatan dari Perusahaan Daerah Air Minum. PDAM termasuk pada perusahaan BUMD.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.