BGR Logistik Dapat Mandat Tekan Biaya Logistik BUMN Klaster Pangan

Kompas.com - 04/01/2022, 17:10 WIB
Tangkapan layar dari akun Instagram @bgrlogistics pada Selasa (28/9/2021). Kompas.com/Akhdi Martin PratamaTangkapan layar dari akun Instagram @bgrlogistics pada Selasa (28/9/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT BGR Logistik Indonesia Budi Susanto mengatakan, dengan tergabungnya PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) atau PPI ke dalam Holding BUMN Klaster Pangan akan berdampak juga terhadap bisnis perseroannya.

"Ke depan, kami diberi amanah untuk dapat menekan biaya logistik BUMN Klaster Pangan, meningkatkan layanan jasa secara berkelanjutan dan konsisten serta tentu saja dengan tetap mengimplementasikan dan meningkatkan layanan jasa berbasis digital," ujar Budi dalam keteragan tertulisnya, Selasa (4/1/2022).

Budi menjelaskan, di tahun ini BGR Logistik memiliki beberapa quick win yang akan dijalankan diantaranya, adalah trans logistik yang sudah dibangun, masuk ke bisnis cold chain, serta pengelolaan gudang-gudang BUMN Klaster Pangan dengan mengimplementasikan sistem berbasis digital.

Baca juga: Bikin Layanan Trans Logistics, BGR Logistics Optimistis Bisa Lebih Tekan Ongkos

Menurut dia, peran BGR Logistik di dalam ekosistem BUMN Klaster Pangan merupakan hal yang sangat penting dimana perusahan tersebut akan menjadi agregator logistik di dalam ekosistem itu.

"Semua urusan logistik termasuk didalamnya pengelolaan gudang, distribusi, bongkar muat dan lain-lain diharapkan dapat kami jalankan dengan baik dan efisien untuk menekan biaya logistik di dalamnya dan dapat mendukung dalam terwujudnya ketahanan pangan di Indonesia," kata Budi.

Selain itu, BGR Logistik Indonesia juga tetap menjalankan bisnis untuk pelanggan eksisting maupun baru yang non pangan. Hal tersebut, kata Budi, merupakan tantangan besar untuk dapat meningkatkan pelayanan kepada pelanggan eksisting dan calon pelanggan baru.

Baca juga: BUMN Klaster Pangan Ekspor Beras ke Arab Saudi Mencapai 140 Ton

"Di Desember 2021 kemarin kami dipercaya kembali untuk menangani pekerjaan logistik dari pelanggan eksisting dan baru. Ini merupakan awal yang baik bagi kami dan kami jadikan acuan semangat di tahun depan untuk memberikan pelayanan jasa logistik digital yang efisien dan prima agar target anggaran perusahaan di tahun 2022 juga dapat kami lampaui," ungkapnya.

Sebagai informasi, PT BGR Logistik Indonesia atau BGRLI merupakan anak perusahaan dari PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) yang telah mendapatkan pengesahan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia pada tanggal 16 November 2021.

Pada Desember 2021 juga telah dilakukan RUPS penetapan dan pengangkatan anggota-anggota Dewan Komisaris dan Direksi PT BGR Logistik Indonesia dengan susunan sebagai berikut: Eddi Santosa ditunjuk sebagai Komisaris Utama, Mochamad Aswin sebagai Komisaris Independen dan Andry Tanudjaja sebagai Komisaris. Sedangkan susunan Direksi PT BGR Logistik Indonesia adalah Budi Susanto sebagai Direktur Utama, Syailendra sebagai Direktur Komersial & Operasi serta Energy sebagai Direktur Keuangan, SDM & Business Support.

Baca juga: Erick Thohir Bentuk Holding BUMN Pangan, Apa Kelebihannya?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.