Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut: Saya Berharap, Pengalaman Tahun Lalu Bisa Buat OJK Lebih Baik

Kompas.com - 04/01/2022, 21:30 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta para pejabat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan komisioner-komisioner menjadi satu tubuh.

Karena menurut Luhut, peran OJK di sektor keuangan begitu penting dan berharap tidak ada masalah terjadi seperti tahun lalu. Pesan tersebut ia sampaikan secara virtual dalam acara Silaturahmi Tahun Baru 2022 Sektor Jasa Keuangan OJK.

"Saya berharap ke depan OJK juga bekerja lebih detail dan para komisioner dan kepala OJK juga saling bekerja sama. Saya juga berharap pengalaman tahun lalu bisa membuat OJK ini menjadi lebih baik. Pasar modal menjadi sangat penting dan pengawasannya juga penting karena sumber-sumber dana yang bisa gunakan untuk trading," kata dia melalui siaran pers, Selasa (4/1/2022).

Baca juga: Luhut: Isu Jakarta Tenggelam Menjadi Alarm Bagi Pemerintah..

"Jangan bekerja sendiri-sendiri dan merasa segmented karena itu tidak akan menyelesaikan masalah dengan baik. Kalau kita belajar dari penanganan Covid-19 itu memang dikerjakan dengan satu tubuh. Semua bekerja satu tim, bahu-membahu," sambung Luhut.

Tak hanya itu, mantan Menko Polhukam ini juga meminta agar OJK lebih memperkuat soliditas kerja tim serta mampu menyelesaikan secara holistik berbagai permasalahan. Karena menurut dia, peran OJK sangat besar dalam mengawasi sektor keuangan.

"Saya ingin menyampaikan kita bicara mudah, tapi bagaimana kita mengeksekusi rencana itu. Presiden berpesan agar mencontoh penyelesaian Covid-19 dan menjadi model dalam penyelesaian masalah dalam kehidupan kita. Kalau kita lakukan dengan teamwork, senang hati kita bekerja sungguh-sungguh, tidak merasa paling hebat atau paling tahu, maka masalah akan terselesaikan," pintanya.

Baca juga: Pendaftaran Dewan Komisioner OJK Periode 2022-2027 Mulai Dibuka 7 Januari

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menuturkan bahwa OJK membutuhkan dukungan dari semua pihak dalam menjalankan tugasnya dalam pengawasan di sektor jasa keuangan.

"Dalam melaksanakan fungsi dan tugas OJK, kami tidak bisa melaksanakan sendiri, kami senantiasa membutuhkan sinergi dan dukungan seluruh pemangku kepentingan sehingga sektor jasa keuangan bisa memberikan kontribusi terbaiknya dalam mendukung perekonomian nasional, mengurangi kemiskinan, dan akses masyarakat di sektor keuangan terutama di masa-masa Covid-19," kata Wimboh.

Baca juga: Mau Jadi Pimpinan OJK? Ini Persyaratan dan Cara Daftarnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com