Biaya dan Cara Mengurus Surat Keterangan Bebas Narkoba

Kompas.com - 05/01/2022, 05:54 WIB
surat keterangan bebas narkoba Wartakota, Tribunnewssurat keterangan bebas narkoba
Penulis Isna Rifka
|

KOMPAS.com - Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) kerap kali dijadikan syarat dokumen melamar kerja dan masuk universitas. Bagaimana cara membuat surat bebas narkoba ini?

Surat Keterangan Bebas Narkoba dapat diterbitkan di kantor kepolisian setempat dan fasilitas kesehatan. Surat bebas narkoba ini menyatakan peserta tidak pernah mengonsumsi narkoba, psikotropika, serta zat-zat adiktif lainnya.

Pasalnya, penggunaan narkoba dapat memengaruhi kinerja seseorang di tempat kerja atau kampus. Oleh karena itu. Surat Keterangan Bebas Narkoba ini sering dijadikan dokumen persyaratan melamar kerja.

Umumnya, agar Surat Keterangan Bebas Narkoba ini bisa diterbitkan, pemohon harus melakukan prosedur pengetesan melalui urin dengan menggunakan bantuan alat urine screen plus.

Baca juga: Cara Membuat SKCK Untuk Syarat Pemberkasan CPNS 2021

Biaya tes bebas narkoba

Biaya mengurus surat bebas narkoba tergantung masing-masing tempat melakukan pengecekan. Mungkin akan lebih terjangkau jika tes bebas narkoba dilakukan di rumah sakit milik pemerintah atau Puskesmas.

Berdasarkan situs alodokter.com, biaya cek narkoba di rumah sakit dan klinik berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 500.000.

Cara membuat surat keterangan bebas narkoba

Surat bebas narkoba ini bisa diurus di fasilitas kesehatan, kantor polisi, dan kantor Badan Narkotika Nasional (BNN) melalui rangkaian uji lab untuk memastikan tubuh pemohon bebas dari narkoba.

Cara membuat surat keterangan bebas narkoba di Polri

Mengutip Kompas.com, berikut cara mengurus surat keterangan bebas narkoba di kantor Polres terdekat. Terdapat beberapa syarat untuk mendapatkan surat bebas narkoba, yaitu:

Baca juga: Habis Resign atau di-PHK? Ini Cara Pindah BPJS Kesehatan ke Mandiri

  • Surat pengantar dari kelurahan
  • Fotocopy kartu keluarga (KK) 1 lembar.
  • Fotocopy KTP 2 lembar.
  • Fotokopi akta kelahiran 1 lembar.
  • Pas foto 4x6 2 lembar (tidak ada ketentuan untuk warna latar/bebas).

surat keterangan bebas narkobaDokumen pribadi. surat keterangan bebas narkoba

Kemudian, berkas-berkas persyaratan itu diserahkan ke petugas di loket pembuatan SKBN di kantor Polri dan ikuti prosedur mengurus surat keterangan bebas narkoba sebagai berikut:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.