Gaet Nasabah. Ini Berbagai Fitur yang Ditawarkan Bank Digital

Kompas.com - 05/01/2022, 12:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank-bank yang sudah mengklaim dirinya sebagai bank digital telah merancang fitur dan produk di aplikasi mereka yang diharapkan jadi keunggulan mereka dalam berebut nasabah atau user.

Ada banyak kesamaan fitur yang ditawarkan antara bank digital yang satu dengan yang lain, mulai dari pembukaan rekening secara online, pembukaan rekening lewat platform mitra yang sudah digandeng, fitur untuk mengatur pengeloalan keuangan, fitur pembayaran QRIS dan lain-lain.

Namun, masing-masing bank tetap mengklaim punya keunggulan tersendiri. PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC) misalnya, sudah merilis beragam fitur sejak aplikasi digital dirilis pada Maret 2021.

Baca juga: Soal Krisis Stok Batu Bara, Erick Thohir: Ini Bukan Saatnya Saling Menyalahkan

Tjandra Gunawan, Direktur Utama Bank Neo Commerce menjelaskan, fitur-fitur inovatif dan interaktif dihadirkan dalam aplikasi neobank seperti fitur game Neo Fortune dan Dunia Neo yang memungkinan penggunan memainkan permainan dan mendapatkan hadiah. Lalu ada fitur Instant Messenger yang memungkinkan sesama pengguna aplikasi berkirim pesan (chating) yang dijamin aman dan praktis.

"Keunggulan lainnya, tersedia juga fitur Neo Send yang memungkinkan transfer antara bank tanpa biaya. Ini mirip seperti aplikasi Flip. Untuk mengatur keuangan, ada fitur Neo Jurnal dan ada kupon experience sebagai fitur edukasi untuk mengajak nasabah berinvestasi," jelas Tjandra saat saat paparan publik, Rabu (29/12/2021).

Pada kuartal I-2022, BNC akan meluncurkan pembayaran QRIS. Perseroan juga siap memperbanyak kerja sama dengan mitra strategis untuk pemanfaatan produk dan layanan bank lewar fitur open API.

Bank Neo Commerce telah meluncurkan digital lending pada November 2021 lalu bekerjasama dengan Akulaku di aplikasi fitech tersebut. Pada pertengahan atau akhir Januari ini, digital lending ini akan hadir di aplikasi Neo Commerce untuk menyasar segmen UMKM.

Hingga akhir 2021, pengguna aplikasi neobank diperkirakan mencapai 13,3 juta dan tahun ini diharapkan bisa bertambah 15 juta sehingga di ujung tahun bisa mencapai 28 jutaan.

Adapun aplikasi Bank Jago memiliki keunggulan berupa fitur kantong. Lewat fitur ini nasabah yang kerap memerlukan banyak rekening untuk membagi-bagi dana di beberapa rekening kini sudah bisa dilayani dengan satu rekening Bank Jago.

Baca juga: Indosat dan Tri Merger, Apa Saja Manfaatnya bagi Pelanggan?

Dengan fitur ini, nasabah dapat membagi-bagi kantong yang tersedia untuk berbagai keperluan. Misalnya, kantong untuk rencana liburan, kantong untuk tabungan menikah, kantong tabungan dana darurat dan lain-lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.