Kala Erick Thohir Sidak PLN, tapi Tak Ada Direksi karena Terpapar Covid-19

Kompas.com - 05/01/2022, 14:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melakukan kunjungan mendadak atau sidak ke kantor pusat PT PLN (Persero) pada Selasa (4/1/2022). Sidak itu dilakukan bersama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif.

Kunjungan tersebut bertujuan menindaklanjuti upaya pemerintah untuk mengatasi permasalahan suplai batu bara dan gas alam cair atau LNG sebagai sumber energi dalam mendukung pasokan listrik nasional.

Erick mengatakan, mulanya ia tengah menyaksikan paparan Arifin terkait pemetaan, serta kepastian distribusi LNG dan batu bara. Pertemuan kedua menteri itu baru selesai pada pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Soal Krisis Stok Batu Bara, Erick Thohir: Ini Bukan Saatnya Saling Menyalahkan

"Pak Arifin lalu mengajak karena ingin melihat situasi yang benar-benar di lapangan, supaya saya sebagai Menteri BUMN juga bertanggung jawab, kan ada PT Bukit Asam yang tangani batu bara," ujarnya seperti dikutip keterangan tertulis, Rabu (5/1/2022).

Namun, Erick dan Arifin tak dapat bertemu direksi PLN lantaran kantor perusahaan kelistrikan itu tengah lockdown akibat ada dua direksi yang positif Covid-19 sepulang dari Bali.

Maka, mereka pun akan meminta direksi untuk melaporkan dan memaparkan kondisi setiap PLTU milik PLN melalui virtual pada hari ini, Rabu (5/1/2022). Erick bilang, tidak ada alasan untuk para direksi tidak hadir dalam Zoom meeting tersebut.

"Rekan-rekan direksi PLN rupanya lagi lockdown karena ada direksi yang terkena (Covid-19), kita memaklumi, tapi kalau Zoom meeting tidak ada alasan tidak bisa join," kata dia.

"Jadi besok (hari ini) kita akan Zoom meeting, benar-benar memetakan per PLTU bagaimana kondisinya, supaya nanti yang diarahkan Pak Presiden jangan sampai ada kendala, apalagi kita ekonominya lagi bagus sekali sekarang," lanjut Erick Thohir.

Di sisi lain, PLN mengakui terdapat dua direksi perseroan yang terpapar Covid-19, salah satunya adalah Direktur Utama Darmawan Prasodjo.

Baca juga: Erick Thohir Dukung Larangan Ekspor Batu Bara

Hal itu membuat ruang Pusat Pengelola Informasi dan Solusi (P2IS) atau yang disebut juga war room kosong, saat Erick Thohir dan Arifin sidak pada Selasa kemarin.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.