Presiden Bukalapak Beberkan Alasan Beli Saham Allo Bank Senilai Rp 1,19 Triliun

Kompas.com - 06/01/2022, 16:11 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) menjadi salah satu perusahaan teranyar yang berinvestasi pada bank digital, PT Allo Bank Indonesia Tbk (BBHI).

Melalui skema rights issue nantinya, Bukalapak akan membeli 2,49 miliar saham Allo Bank senilai Rp 1,19 triliun dengan mengambilalih sebagian hak dari Mega Corpora sebagai pemilik 90 persen saham bank digital tersebut saat ini.

Presiden Bukalapak Teddy Oetomo mengatakan, bank digital memerlukan ekosistem yang baik guna mendukung kinerja bisnisnya.

“Sehingga sewaktu dia melakukan scoring, sewaktu dia melakukan analisa teradap potensi customer-nya, itu tidak serta merta dari satu aspek,” ujar dia dalam acara Money Talks CNBC Indonesia, Kamis (6/1/2022).

Oleh karena itu, perusahaan e-commerce nasional itu memutuskan untuk menjadi investor Allo Bank. Apalagi, sejumlah perusahaan juga dikabarkan bakal jadi investor Allo Bank.

Baca juga: Buntut Krisis Pasokan Batu Bara, Erick Thohir Copot Direktur Energi Primer PLN

“Jika kita melihat bank digital lain di Indonesia, Bank Allo ini dengan transaksi ini menjadi sebuah bank yang memiliki ekosistem paling luas,” tutur Teddy.

Di industri keuangan, Allo Bank juga memiliki potensi ekosistem yang kuat, dengan kehadiran CT Corp, yang merupakan pemilik PT Bank Mega Tbk (MEGA) sampai Mega Insurance.

“Sponsornya (Allo Bank) sendiri itu memiliki sebuah pengalaman yang cukup mapan seperti kita tahu, memiliki pengalaman di perbankan,” kata Teddy.

Teddy berharap kehadiran Bukalapak dapat memberikan nilai lebih kepada para pemegang saham keseluruhan.

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu Mega Corpora menekan perjanjian pengalihan hak 2,49 miliar hak dalam rights issue kepada Bukalapak. Setelah rights issue selesai, Bukalapak akan menggenggam 11,49 persen saham BBHI.

Baca juga: Jokowi Larang Ekspor Batu Bara, Perusahaan Tambang Ramai-ramai Buka Suara

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.