Trayek Tol Laut Bertambah, Ini Rute Pelayaran Tol Laut 2022

Kompas.com - 07/01/2022, 10:23 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menambah 2 trayek Tol Laut. Kini trayek Tol Laut 2022 menjadi 34 dari yang sebelumnya 32.

Selain itu, terdapat sejumlah perubahan rute Tol Laut dari yang sebelumnya dilayani. Perubahan tersebut tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor KP - DJPL 8 Tahun 2022.

Penambahan dan perubahan trayek Tol Laut Indonesia ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan angkutan barang melalui kapal Tol Laut di wilayah Indonesia.

Baca juga: Intip Kinerja 7 Tahun Tol Laut Jokowi, Apa Hasilnya?

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut Arif Toha menyampaikan penjelasan terkait hal ini, termasuk terkait jalur Tol Laut Indonesia Timur.

Ia menegaskan, diperlukan pelayaran yang berkesinambungan tetap dan teratur melalui penyelenggaraan angkutan barang di laut ke seluruh wilayah Indonesia.

Ini semua dalam rangka menunjang pendistribusian barang dan pengembangan ekonomi di daerah terpencil dan daerah belum berkembang serta dalam upaya menurunkan disparitas harga antara wilayah Indonesia Bagian Barat dengan Indonesia Bagian Timur.

"Perubahan pertama jaringan trayek dalam rangka optimalisasi pelaksanaan Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik Untuk Angkutan Barang di Laut Tahun Anggaran 2022,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (7/1/2022).

Baca juga: Update Jadwal KA Bandara YIA, Cek Rute Kereta Bandara YIA Terbaru

Perubahan tersebut terdapat pada trayek T-11, T-19, T-22, T-23, T-24, T-25, dan T-26. Perubahan trayek meliputi perubahan pelabuhan pangkal dan penambahan pelabuhan singgah.

Selanjutnya, terdapat penambahan trayek T-30. Arif mengungkapkan rute baru trayek T-30 Tol Laut ini akan melayani rute Tanjung Perak - Kaimana - Tanjung Perak sehingga alur logistik di daerah yang berada di wilayah Papua Barat tersebut terhubung langsung dengan Pulau Jawa.

"Pelabuhan Kaimana memiliki dermaga eksisting dengan panjang 123 x 8 meter dapat menampung kapal dengan kapasitas standar sampai dengan 14.000 DWT dan kedalaman -8 mLWS," ujar Arif.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.