Bank, Pinjol, hingga Asuransi Jadi Sektor Usaha Paling Banyak Diadukan Masyarakat pada 2021

Kompas.com - 07/01/2022, 16:09 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mencatat, jumlah aduan masyarakat mengalami kenaikan pada tahun 2021 dibanding tahun sebelumnya.

Tercatat jumlah aduan masyarakat yang masuk ke YLKI sepanjang tahun 2021 mencapai 535 pengaduan, lebih tinggi dibanding tahun 2020 yang hanya mencapai 402 pengaduan.

Jika dilihat berdasarkan sektor usahanya, jasa keuangan menjadi sektor yang paling banyak diadukan oleh masyarakat, yakni hampir mencapai setengah total aduan tahun lalu, atau tepatnya 49,6 persen.

Adapun sektor jasa keuangan tersebut terdiri dari bank, pinjaman online (pinjol), leasing, investasi, uang digital, hingga asuransi.

“Kenapa jasa keuangan masih menduduki peringkat pertama? Mungkin penyelesaian dari pelaku usaha agak kurang memuaskan bagi konsumen,” ujar Kepala Bidang Pengaduan YLKI, secara virtual, Jumat (7/1/2022).

Baca juga: Mudah, Begini Cara Cek Toko Online Abal-abal

Kemudian, e-commerce yang terdiri dari perusahaan penyedia jasa belanja online dan transportasi online, menempati peringkat kedua yang paling banyak diadukan masyarakat, dengan porsi 17,2 persen dari total aduan sepanjang 2021.

Selain itu, YLKI juga masih menerima aduan terhadap telekomunikasi dengan porsi 11,4 persen, perumahan dengan porsi 4,9 persen, dan tenaga listrik yang hanya memiliki porsi 1,7 persen total aduan.

Dengan melihat data tersebut, Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi menilai fenomena percepatan digitalisasi berkontribusi terhadap aduan masyarakat yang diterima.

Hal itu terefleksikan dengan tren kenaikan aduan terhadap penyelenggara pinjaman online ataupun platform e-commerce.

“Lima tahun terakhir ini dari tren pengaduan YLKI kita garis bawahi menyangkut masalah fenomnea ekonomi digital. Ada dua isu, pertama pinjaman online dan e-commerce,” ucapnya.

Baca juga: Ini Promo Minyak Goreng di Alfamart dan Indomaret

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.