Mau Beasiswa Jutaan Rupiah? Intip Cara Daftar KIP Kuliah Kemendikbud

Kompas.com - 08/01/2022, 10:09 WIB
Penulis Isna Rifka
|

KOMPAS.com - KIP Kuliah Kemendikbud adalah bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup untuk mahasiswa terpilih. Meski taggal daftar KIP Kuliah 2022 belum dirilis, tapi tidak ada salahnya mempersiapkan syarat dan cara daftar KIP Kuliah berikut ini.

Program KIP Kuliah ini memudahkan mahasiswa untuk memilih program studi dan perguruan tinggi sesuai keinginannya tanpa perlu memikirkan mahalnya biaya pendidikannya.

Daftar KIP Kuliah juga tidak dikenakan biaya bagi mahasiswa maupun perguruan tinggi yang menjadi tujuan program KIP Kuliah Kemendikbud ini.

Lalu bagaimana cara daftar KIP Kuliah?

Berapa biaya beasiswa KIP Kuliah?

Melansir Indonesia.go.id, pada 2020 biaya pendidikan penerima KIP Kuliah disesuaikan dengan prodi yang dipilih. Rata-rata besaran uang kuliah yang diterima peseta KIP Kuliah Kemendikbud, Rp 2,4 juta per semester disesuaikan prodi yang dipilih.

Namun tahun 2021, Kemendikbud mulai mengkategorisasi prodi penerima KIP Kuliah menjadi tiga kategori berdasarkan akreditasi.

Baca juga: Syaratnya Mudah, Simak Cara Membuat Kartu Identitas Anak KIA

Bagi prodi berakreditasi A biaya pendidikan maksimalnya Rp 12 juta per semester, akreditasi B Rp 4 juta per semester, dan akreditasi C Rp 2,4 juta per semester.

Sementara untuk biaya hidup mahasiswa penerima KIP Kuliah Kemendikbud dibagi menjadi lima klaster daerah pada 2019.

Klaster 1 menerima biaya hidup Rp 800.000 per bulan, klaster 2 sebesar Rp 950.000, klaster 3 Rp 1,1 juta, klaster 4 Rp 1,25 juta, dan klaster 5 Rp Rp 1,4 juta.

Namun, biaya hidup untuk penerima KIP Kuliah Kemendigbud ini berubah pada 2020 di mana besarannya dipukul rata untuk semua daerah di Indonesia menjadi sebesar Rp 700.000 per bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.