Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Target Produksi Gula PTPN X pada 2022

Kompas.com - 08/01/2022, 19:02 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X yang merupakan anak perusahaan dari Holding Perkebunan Nusantara menargetkan tahun ini mampu menggiling tebu sebanyak 4,25 juta ton dengan rendemen sebesar 7,88 persen.

Melalui target tersebut, PTPN X optimistis akan mampu memproduksi gula sebanyak 340.375 ton. Di sektor tembakau, PTPN X menargetkan luas tanam hingga 600 hektar (ha) dengan produksi daun hijau 10.687,5 ton berkualitas NW 29,89 persen dan rendemen 9,9 persen.

"Tahun 2022 ini luas lahan tebu PTPN X sejumlah 55.639 hektar yang mana angka ini naik dari 23,7 persen dari realisasi tahun 2021 lalu. Kami optimistis dengan penambahan luas lahan ini, maka pasok bahan baku tebu (BBT) juga akan meningkat lumayan. Tentunya diimbangi dengan pengelolaan on farm yang baik agar kualitasnya optimal," terang Tuhu Bangun, Direktur PTPN X dalam siaran pers, Jumat (7/1/2021).

Baca juga: BPH Migas Tugaskan Pertamina dan AKR Corporindo Salurkan 15,1 Juta Kiloliter Solar

Adapun PTPN X berencana memulai musim giling tahun 2022 pada bulan Mei mendatang, yang diawali oleh Pabrik Gula (PG) Gempolkrep dan PG Kremboong.

Sepanjang Januari sampai April 2022, PTPN X akan berfokus pada perawatan pabrik serta budidaya tebu secara optimal. Perawatan pabrik tersebut bertujuan untuk mendukung peningkatan produksi gula dan meningkatkan efisiensi proses produksi.

Pada komoditas tembakau, ada kenaikan signifikan pada produksi daun hijau. Pasalnya, produksi daun hijau mengalami peningkatan hingga 16 persen dibandingkan realisasi tahun 2021.

Rencana tanam perdana tembakau akan dilakukan di bulan Februari 2022 dan panen perdana tembakau pada Juli 2022.

"Komoditas tembakau ini terus menunjukkan perbaikan kinerja, termasuk di tahun 2021 lalu. Sehingga, target-target kinerja di tahun 2022 ini harapannya dapat tercapai dengan melakukan inovasi baru di on farm yang mengacu pada evaluasi kinerja," tandas Tuhu. (Reporter: Dimas Andi | Editor: Noverius Laoli)

Baca juga: Menhub Pertimbangkan Usulan Gibran Kembangkan Jalur KRL Solo-Yogyakarta

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: PTPN X Targetkan Produksi Gula 4,25 Juta Ton pada 2022

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com