10 Manfaat Minyak Bumi bagi Kehidupan Manusia, Apa Saja?

Kompas.com - 10/01/2022, 11:30 WIB
Manfaat minyak bumi bagi kehidupan manusia yang jarang disadari ShutterstockManfaat minyak bumi bagi kehidupan manusia yang jarang disadari
|

JAKARTA, KOMPAS.comMinyak bumi adalah istilah yang sering kita dengar. Secara umum, minyak bumi adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Lantas apa saja manfaat minyak bumi bagi kehidupan manusia?

Manfaat minyak bumi sebenarnya ada banyak. Beberapa produk yang sering digunakan masyarakat berasal dari olahan minyak bumi. Salah satunya adalah bahan bakar kendaraan bermotor.

Selain bahan bakar, masih ada beberapa manfaat minyak bumi lainnya yang jarang disadari. Misalnya untuk keperluan medis dan pembuatan produk-produk farmasi.

Meski manfaat minyak bumi begitu besar bagi kehidupan manusia, namun harus bijak dalam penggunaannya. Pasalnya, minyak bumi adalah sumber daya mineral yang tidak dapat diperbaharui.

Baca juga: Resmi Melantai di BEI, SEMA Fokus Kembangkan Infrastruktur Berbasis EBT

Pengertian minyak bumi

Dilansir dari Investopedia, minyak bumi adalah sumber daya alam yang terbentuk secara alami yang terdiri dari endapan hidrokarbon dan bahan organik lainnya.

Minyak bumi dapat menghasilkan minyak mentah yang disuling untuk menghasilkan produk seperti bensin, solar, dan berbagai bentuk petrokimia lainnya.

Sementara dikutip dari Gramedia, minyak bumi adalah sumber daya alam yang terletak di dalam bumi dan terbentuk melalui proses pengendapan fosil selama jutaan tahun.

Minyak bumi adalah campuran kompleks senyawa organik seperti unsur-unsur karbon, hidrogen, oksigen, sulfur, halogenida, dan logam. Kandungan terbesar dalam minyak bumi yaitu hidrokarbon dan non hidrokarbon sebesar 50-98 persen.

Baca juga: Kurs Rupiah Hari Ini di BRI hingga BCA

Minyak bumi berasal dari berbagai macam sisa-sisa organisme laut, seperti tumbuhan dan hewan mengendap di dasar laut. Butuh waktu yang sangat lama untuk proses pembentukan minyak bumi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.