Sandiaga Uno: Konfirmasi Omicron Meningkat Terus, Terakhir 414 Kasus

Kompas.com - 10/01/2022, 15:08 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, sampai dengan tanggal 8 Januari 2022 konfirmasi positif varian Covid-19, Omicron terus meningkat mencapai 414 kasus.

Sandiaga bilang, kenaikan jumlah kasus ini terjadi kepada para pelaku pariwisata yang pulang dari luar negeri, dalam rangka Natal dan Tahun Baru.

Baca juga: Kasus Omicron Naik, Karantina Bakal Diperketat, WNI Diimbau Tidak ke Luar Negeri

 

Oleh sebab itu, pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan kewaspadaan terutama di pintu masuk ke Indonesia.

“Beberapa dari saudara-saudara kita berwisata ke luar negeri dan kembali, sangat prihatin dengan terpapar virus Omicron. Secara keseluruhan selama Desember 2021 sampai tgl 8 Januari kemarin konfrmasi Omicron kita meningkat terus hingga berjumlah 414 orang,” kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Senin (10/1/2022).

Baca juga: Sandiaga Uno Siapkan Homestay Desa Wisata Lombok Jelang MotoGP Mandalika

14 negara dilarang masuk Indonesia

Sandiaga mengungkapkan, akibat merebaknya kasus Omicron di tanah air, terdapat 14 negara yang warganya dilarang masuk ke Indonesia.

Untuk itu, pemerintah juga berencana menggelar rapat terbatas untuk pengambilan kebijakan terkait hal tersebut.

“Terdapat 14 negara yang sekarang warganya dilarang masuk ke Indonesia. Hari ini akan ada ratas untuk menyampaikan posisi terakhir kita, dan kami terus menimbau agar masyarakat tidak keluar negeri terlebih dahulu,” ujar Sandiaga.

Baca juga: Luhut Percaya Diri Indonesia Lebih Siap Atasi Omicron, Ini Alasannya

Event digelar awal tahun tetap dilaksanakan

Sandiaga menyadari, kasus Omicron yang saat ini tengah menerpa tanah air akan berdampak pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Namun, ia optimis melalui antisipasi dan mitigasi event-event yang akan digelar di awal tahun ini akan tetap dilaksanakan.

“Kita akan terus menyiapkan kegiatan atau event yang sudah direncanakan dan kita akan pastikan Indonesia ready, siap untuk terus menyelenggarakan kegiatan dengan adaptasi protokol kesehatan,” tegas dia.

Baca juga: Status Pandemi Diperpanjang, MotoGP hingga Pertemuan G20 Dipastikan Tetap Jalan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.