Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

90 Persen Kamar Hotel Terisi untuk MotoGP, Sandiaga Uno Beri Opsi Glamping

Kompas.com - 10/01/2022, 16:18 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan saat ini 90 persen kamar hotel sudah terisi untuk menyambut event MotoGP yang akan berlangsung di Mandalika Lombok pada Maret 2022.

Untuk memfasilitasi antusiasme masyarakat menyaksikan event tersebut, Sandiaga memastikan beberapa akomodasi tersedia, seperti penginapan di desa wisata, kerja sama dengan berbagai pihak untuk penyediaan akomodasi, hingga penginapan berkonsep camping atau glamping.

Baca juga: Intip Persiapan Bandara Lombok Sambut MotoGP 2022 di Mandalika

“Di tanggal 3 Januari, kamar hotel di kota Mataram sudah terpesan 90 persen untuk keperluan akomodasi MotoGP 2022. Kami mendorong beberapa kolaborasi dengan BoboBox dan Eiger untuk terlibat dalam penyiapan fasilitas penginapan. Pemda akan memfasilitasi camping atau glamping di kawasan Mandalika,” ungkap Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Senin (10/1/2022).

Baca juga: Sandiaga Uno Siapkan Homestay Desa Wisata Lombok Jelang MotoGP Mandalika

Sandiaga mengatakan, untuk tenda akan disedikan sebanyak 100 unit yang akan dipasang di camping ground, dimana dalam 1 tenda dapat menampung hingga 4 orang. Saat ini, sarana hunian untuk MotoGP yang sudah terbangun ada 300 huian dan dalam proses sertifitasi CHSE.

“Dari BoboCabin diharapkan akan ada penyediaan cabin, dan komoditas lain seperti toilet, restoran, dan representative juga kita dorong kesiapannya,” jelas dia.

Baca juga: Beli Tiket MotoGP Mandalika di MyPertamina Bisa Dapat Voucher Rp 400.000

Sandiaga memproyeksikan penonton MotoGP dari domestik dan luar negeri jumlahnya mencapai 100.000 orang. Sementara ketercukupan akomodasi yakni 23.000 unit per Desember 2021 atau sedikitnya terdapat 2.758 kamar hotel.

“Kami pemerintah mendorong sarana hunian pariwisata yang dibangun oleh Kementerian PUPR termasuk home stay yang sudah ada. Kemenhub juga sudah melakukan kordonasi dengan akomodasi malalui kapal Pelni, dan kami juga baru diberi tau ada beberapa kapal swasta yang bersedia menjadi tempat penginapan dari pengunjugn MotoGP. Ini akan kita lengkapi dengan transportasi seperti shuttle untuk dan dari Mandalika,” jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com