Kompas.com - 10/01/2022, 16:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Optimisme konsumen sedikit tergerus pada bulan Desember 2021. Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) menunjukkan, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada akhir tahun lalu sebesar 118,3 atau turun tipis dari 118,5 pada bulan sebelumnya.

Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, penurunan tipis IKK tersebut dipengaruhi oleh penurunan ekspektasi konsumen pada bulan laporan.

“Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) sebesar 136,8, sedikit termoderasi dari 137,8 pada bulan sebelumnya,” tulis Erwin dalam laporan Survei Konsumen, Senin (10/1/2022).

Baca juga: BI Perkirakan The Fed Naikkan Suku Bunga pada Pertengahan 2022

Meski menurun, IKK nampak masih berada dalam zona optimistis, atau indeks di atas 100. Terjaganya optimisme konsumen ditopang persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini yang meningkat.

Ini terlihat dari Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) Saat Ini Desember 2021 yang sebesar 99,9, atau naik tipis dari 99,2 pada bulan November 2021.

Berdasarkan kelompok responden, IKK Desember 2021 terpantau meningkat pada responden dengan pengeluaran Rp 1 juta hingga Rp 3 juta dan responden dengan usia 20 tahun hingga 30 tahun serta rentang 41 tahun hingga 50 tahun.

Baca juga: Gubernur BI Nilai Nataru Jadi Ujian RI Dalam Menghadapi Covid-19

Dari sisi spasial, keyakinan konsumen Desember 2021 terpantau meningkat di beberapa kota seperti DKI Jakarta yang naik 11,6 poin, Samarinda naik 10,9 poin, serta Padang naik 9,0 poin.

Hanya saja, beberapa kota tetap mengalami penurunan keyakinan konsumen seperti di Banten turun 19,4 poin, Pontianak turun 18,3 poin, serta Bandung tergerus 5,4 poin. (Bidara Pink)

Baca juga: Gugat BRI Rp 1 Triliun, Nasabah Prioritas ini Kirim Surat ke Gubernur BI

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: BI Catat Optimisme Konsumen Sedikit Merosot di Akhir Tahun 2021

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.