Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Kode Bank 4 BUMN: BRI, BNI, BTN, Mandiri

Kompas.com - Diperbarui 14/06/2022, 05:45 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Muhammad Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kode transfer bank biasanya diperlukan untuk melakukan transaksi ke rekening bank lain. Jika salah memasukkan kode transfer bank maka transaksi yang dilakukan tidak akan berhasil.

Kode transfer bank biasanya terdiri dari tiga digit angka yang berbeda tiap bank. Berikut daftar kode bank empat bank BUMN, yaitu kode bank BRI, kode bank BNI, kode bank Mandiri, dan kode bank BTN.

Misalnya, jika melakukan belanja online dan mengharuskan membayar ke bank lain, maka kode bank BRI, kode bank BNI, kode bank Mandiri, dan kode bank BTN ini akan digunkan untuk identifikasi transaksi yang dilakukan masing-masing bank.

Hal ini agar masing-masing bank mengetahui hak dan kewajibannya saat terjadi mekanisme transfer antara penjual dan pembeli. Itulah fungsi dari kode bank BRI, kode bank BNI, kode bank Mandiri, dan kode bank BTN ini.

Baca juga: Kode Bank Jatim Untuk Transfer

Setiap mesin ATM dan internet banking selalu menyediakan daftar kode bank lengkap. Namun untuk menemukan kode transfer bank yang dimaksud dari sekian ratus daftar kode bank pasti akan menyulitkan.

Oleh karenanya, Kompas.com telah merangkum daftar kode bank empat bank BUMN. Sebab, keempat kode transfer bank BUMN ini paling banyak dicari dibandingkan bank swasta lain kecuali kode bank BCA.

Kode bank BRI, kode bank BNI, kode bank Mandiri, dan kode bank BTN ini akan memudahkan nasabah untuk bertransaksi melalui anjungan tunai mandiri (ATM), SMS banking, dan internet banking.

Kode transfer bank dari daftar kode bank

Berikut daftar kode bank dari kode transfer bank empat bank BUMN bersama unit usaha syariahnya, yaitu:

Baca juga: Kode Bank DKI Jakarta untuk Keperluan Trasnfer

Daftar kode bank syariah milik bank BUMN seperti Bank BNI Syariah, Bank Mandiri Syariah, dan Bank BRI Syariah telah bergabung menjadi Bank BSI atau Bank Syariah Indonesia pada 1 Februari 2021.

Namun, kode transfer bank sperti kode Bank BRI Syariah, kode Bank BNI Syariah, dan kode Bank Mandiri Syariah masih terpisah dari daftar transfer kode bank.

Baca juga: Kode Bank Permata dan Bank Swasta Lain untuk Transfer Antar Bank

Namun, setelah masa integrasi penggabungannya selesai, maka semuanya akan memakai kode transfer Bank BSI Syariah, yaitu 451 atau sama dengan kode Bank Mandiri Syariah.

Demikian daftar kode bank empat bank BUMN untuk keperluan transfer. Kode transfer bank ini meliputi kode bank BRI, kode bank BNI, kode bank Mandiri, dan kode bank BTN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com