Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Daerah Penghasil Kelapa Sawit Terbesar di Indonesia

Kompas.com - 11/01/2022, 19:24 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Informasi seputar penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia, termasuk tentang daerah penghasil kelapa sawit terbesar di Sumatera banyak dicari pembaca.

Sejumlah pertanyaan kerap mencuat terkait daerah penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia. Dalam skala dunia, penghasil kelapa sawit terbesar berada di Indonesia.

Daerah manakah penghasil sawit terbesar di Indonesia? Pulau manakah penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia? Itulah sejumlah pertanyaan yang sering bermunculan.

Baca juga: Ini Daftar Daerah yang Memiliki Perkebunan Sawit Terluas di Indonesia

Ada pula yang bertanya lebih spesifik, seperti apakah Riau penghasil sawit terbesar di Indonesia? Apakah Kalimantan merupakan penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia?

Karena itu, artikel ini akan membantu pembaca memahami informasi seputar daerah penghasil sawit terbesar di Indonesia.

Buku Statistik Perkebunan Indonesia Komoditas Kelapa Sawit Tahun 2018-2020 dan buku Statistik Perkebunan Unggulan Nasional 2019-2021 yang diterbitkan Kementerian Pertanian (Kementan) memuat informasi terkait hal ini.

Baca juga: Daftar Negara Tujuan Ekspor Lada Indonesia

Produsen sawit terbesar

Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan menjadi wilayah penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia dari tahun ke tahun. Dengan begitu, penghasil kelapa sawit terbesar berada di Sumatera dan Kalimantan.

Berdasarkan rata-rata produksi kelapa sawit per provinsi di Indonesia tahun 2015-2020, terdapat 9 provinsi yang merupakan daerah penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia.

Produksi sawit di 9 provinsi tersebut berkontribusi sebesar 87,46 persen terhadap total produksi kelapa sawit Indonesia.

Produksi kelapa sawit Indonesia meningkat dari 31 juta ton pada Tahun 2015 menjadi 42,9 juta ton pada tahun 2018 atau meningkat sebesar 11,8 juta dalam kurun waktu tersebut.

Baca juga: Ini Daftar Daerah Penghasil Kelapa Terbesar di Indonesia

Pada periode yang sama, Provinsi Riau menjadi daerah penghasil kelapa sawit terbesar di Sumatera sekaligus daerah penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia.

Rata-rata produksi sawit di Riau sebesar 8.540.182 ton atau sebesar 21,47 persen dari total produksi kelapa sawit Indonesia. Karena itu, daerah penghasil kelapa sawit yang terkenal di Indonesia adalah Riau.

Daerah lain yang menjadi langganan menjadi penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia adalah Provinsi Kalimantan Tengah, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Jambi, Kalimantan Selatan, dan Sumatera Barat.

Baca juga: Daftar Negara Penghasil Kelapa Terbesar di Dunia, Indonesia Juaranya

Penghasil sawit terbesar tahun 2019

Pada tahun 2019, capaian tak jauh berbeda didapatkan daerah-daerah tersebut. Praktis, penghasil kelapa sawit terbesar berada di Riau.

Berikut perincian produksi kelapa sawit tahun 2019 di daerah penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia:

  1. Riau: 9.513.208 ton
  2. Kalimantan Tengah: 7.664.841 ton
  3. Sumatera Utara: 5.647.313 ton
  4. Kalimantan Barat: 5.235.299 ton
  5. Sumatera Selatan: 4.049.156 ton
  6. Kalimantan Timur: 3.988.883 ton
  7. Jambi: 2.884.406 ton
  8. Kalimantan Selatan: 1.665.397 ton
  9. Aceh: 1.133.347 ton
  10. Sumatera Barat: 1.253.394 ton

Itulah informasi seputar daerah penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia, termasuk daerah penghasil kelapa sawit terbesar di Sumatera.

Daerah penghasil kelapa sawit yang terkenal di Indonesia adalah Riau karena menjadi  penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia.

Baca juga: Ini Daftar Negara Penghasil Lada Terbesar di Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com