BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Prasetiya Mulya

Kunci Sukses, Ini 5 Karakteristik Pengusaha Sukses Berbisnis lewat Media Sosial

Kompas.com - 12/01/2022, 08:09 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Perkembangan teknologi memberikan sejumlah kemudahan, salah satunya akses penjualan produk yang lebih luas melalui media sosial (medsos).

Seperti diketahui, jumlah pengguna medsos di Indonesia tiap tahun mengalami pertumbuhan. Pada awal 2021, sebagaimana diungkap data We Are Social, pengguna medsos bertambah 10 juta atau tumbuh 6,3 persen jika dibandingkan periode sama pada 2020.

Dengan demikian, total keseluruhan pengguna ditaksir mencapai 160 juta orang. Hal ini membuat pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) memanfaatkan medsos sebagai kanal komunikasi pemasaran dan penjualan.

Sayangnya, tidak semua pelaku UMKM dapat mengembangkan usahanya via medsos. Fenomena ini pun menarik perhatian dosen Universitas Prasetiya Mulya Eliot Simangunsong. Ia ingin melihat lebih jauh karakteristik pelaku UMKM tersebut, khususnya yang berhasil mengembangkan usaha via medsos.

Setidaknya, dari penelitian kualitatif terhadap 20 socialmediapreneur atau pelaku UMKM yang memanfaatkan medsos, Eliot mengidentifikasi 12 karakter para pelaku bisnis. Namun, ia mendapati lima di antaranya penting dimiliki dan menjadi kunci kesuksesan untuk berbisnis di media sosial.

Eliot mengatakan, temuannya itu diharapkan dapat membantu pengusaha agar bisa memaksimalkan platform medsos. Dengan begitu, usahanya bisa berkembang.

“Temuan ini juga bisa mempercepat pertumbuhan bisnis dan ekonomi di Indonesia yang sangat terdampak oleh pandemi Covid-19,” tulis Eliot dalam artikel jurnal “Mengidentifikasi Karakteristik Pribadi Wirausaha Media Sosial di Indonesia” yang dimuat di jurnal ASPIKOM (2021).

Untuk mengetahui lebih jauh kelima karakteristik tersebut, simak ulasan berikut.

1. Stabil secara emosional

Karakteristik yang pertama adalah stabil secara emosional. Eliot mengatakan, emosi dapat memengaruhi pengambilan keputusan seseorang.

Misalnya, pelaku usaha yang tertekan secara emosional dapat terbatas dan terhambat dalam melakukan pekerjaan.

Sebaliknya, penciptaan suasana emosional yang kondusif dapat berdampak positif terhadap penjualan produk. Suasana ini dapat mendorong calon konsumen untuk membeli produk.

Tak hanya itu, pengusaha yang stabil secara emosional juga dinilai tidak akan mudah terpancing emosi sehingga ia bisa lebih memahami dan mendengarkan pendapat pembeli.

“Pengusaha yang stabil secara emosional cenderung memiliki hubungan yang kuat dengan pelanggan. Tingkat kepuasan yang diberikan pada medsosnya juga cukup baik,” papar Eliot.

2. Tertarik dengan hal baru

Socialmediapreneur yang memiliki karakter ini dinilai dapat membangun jaringan yang diperlukan untuk memperbesar bisnis.

Biasanya, pengusaha yang memiliki ketertarikan dengan hal baru mempunyai ciri-ciri, seperti gemar mengeksplorasi suatu hal yang sesuai dengan passion-nya, social butterflies atau mudah bersosialisasi, dan mencari sesuatu hal yang dapat membangkitkan adrenalin.

Pada studinya tersebut, Eliot juga menilai bahwa orang yang senang mengeksplorasi berbagai hal dan aktif menggunakan medsos untuk berjejaring cenderung lebih bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

Hal tersebut bisa terjadi berkat pengetahuan dan kolaborasi yang didapatkan dari berbagai sumber. Dengan pengetahuan dan kolaborasi, pengusaha bisa mengatasi sejumlah hambatan dalam berbisnis.

3. Energik

Menurut Eliot, energik adalah ciri penting dari seorang socialmediapreneur sukses. Dalam penelitiannya, Eliot menemukan pengusaha dengan karakter ini lebih besar dua kali ketimbang pengusaha nonenergik.

Adapun ciri-ciri pelaku usaha yang energik dapat dilihat dari kepribadian pemberani dan senang memacu adrenalin. Pengusaha dengan karakteristik ini juga lebih termotivasi untuk berinteraksi dengan siapa pun.

Mereka pun cenderung terbebas dari kebiasaan berpikir berlebihan saat menjalankan bisnis. Kebiasaan ini biasanya dimiliki oleh seseorang yang tidak memiliki karakter energik.

4. Mudah bergaul

Dari penelitian kualitatif, Eliot menemukan bahwa pengusaha yang sukses umumnya memiliki karakteristik mudah bergaul. Ciri-ciri karakter ini adalah punya keinginan untuk berteman dengan banyak orang, senang mendapatkan ajakan seseorang, dan mudah beradaptasi dengan keadaan.

Hasil penelitian Eliot turut menguatkan riset sebelumnya yang menyebut bahwa seseorang yang memiliki banyak teman dan aktif di medsos berpotensi berhasil dalam menjalankan bisnis. Pasalnya, mereka dapat memengaruhi opini, kebiasaan, keputusan, dan aksi dari teman-temannya.

Misalnya saat menggalang modal melalui crowdfunding. Karena banyak teman dan dipercaya, pengusaha bisa lebih mudah mengumpulkan dana. Hasil berbeda mungkin bisa terjadi bila pengusaha memiliki karakter pilih-pilih dalam bergaul.

5. Suka berbicara

Dari 20 narasumber yang terlibat dalam penelitian Eliot, mayoritas dari mereka ternyata memiliki karakteristik suka berbicara (talkative). Hal ini sesuai dengan penelitian sebelumnya yang menyebutkan bahwa talkative dinilai sebagai karakter penting yang wajib dimiliki seorang pengusaha.

Orang dengan karakter talkative punya ciri ingin berteman dengan banyak orang dan punya keinginan untuk selalu bertanya. Mereka juga punya keinginan kuat untuk bahagia.

Itulah lima karakteristik seseorang yang berpotensi berhasil bisa menjalankan bisnis melalui medsos. Selain kelima karakter tersebut, Eliot juga menekankan peran penting penguasaan fitur-fitur pada medsos agar bisa sukses berbisnis.

Pasalnya, dari temuan risetnya, sebagian besar pengusaha yang ia teliti memiliki tingkat penguasaan medsos yang tinggi.

“Ada cukup bukti yang menyimpulkan karakter-karakter tersebut menjadi kunci sukses seseorang dalam menjalankan bisnis di medsos,” tulis Eliot dalam kesimpulannya.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com