Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Adakah Gen Z yang Mencari Informasi di Televisi?

Kompas.com - 12/01/2022, 14:26 WIB
Fabian Januarius Kuwado,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Di era teknologi yang canggih seperti sekarang, rupanya televisi belum benar-benar ditinggalkan dalam mencari informasi.

Fenomena itu tergambar dalam penelitian yang dilakukan oleh lembaga riset dari Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Consulting, beberapa waktu lalu.

Uniknya, responden dalam penelitian tersebut merupakan Generasi Z alias orang yang lahir pada periode waktu 1996-2010. Generasi ini diketahui memiliki daya serap yang tinggi terhadap teknologi informasi.

Di satu sisi, hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial memang menjadi platform utama bagi Gen Z dalam mencari informasi.

Baca juga: Investor Pasar Modal Melonjak, Generasi Milenial Mendominasi

Instagram merupakan platform yang paling populer bagi Gen Z dalam mencari informasi tentang produk yang akan dibelinya. Jumlah responden yang memilihnya, yakni 86,45 persen.

Setelah Instagram, ada Youtube yang dipilih oleh 58,36 persen dan Tiktok yang dipilih oleh 41,79 persen.

Tetapi di sisi lain, media tradisional televisi masih cukup relevan digunakan di era digital. Sebanyak 14,53 persen responden masih menggunakan televisi sebagai sumber mencari informasi tentang sebuah produk.

Bahkan, apabila dibandingkan dengan Facebook, televisi sedikit lebih populer sebagai sumber informasi.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Bagi Generasi Milenial dan Gen Z

“Bagi Gen Z, sekalinya mereka nyantol di salah satu platform, mereka akan sulit berpindah ke lain hati. Mereka tidak memiliki akun media sosial sebanyak Milenial,” papar salah seorang peneliti, Nosica Rizkalla.

Sementara tentang jenis informasi yang paling banyak dicari Gen Z adalah ulasan produk (14,99 persen), gaya hidup (14,53 persen) dan unsur kebaruannya (11,20 persen.

Nosica menyebut, Gen Z tidak hanya ingin barang yang mereka beli sesuai dengan kebutuhan serta gaya hidup, tetapi juga mengandung unsur kebaruan alias up do date.

Simak artikel selengkapnya tentang gaya Generasi Z dalam berbelanja dalam artikel berikut ini: https://jeo.kompas.com/menilik-gaya-gen-z-berbelanja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com