Sandiaga Uno Tinjau Kesiapan Akomodasi dan Infrastruktur Perhelatan MotoGP 2022

Kompas.com - 12/01/2022, 15:10 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, dalam Weekly Press Briefing di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat, Senin (03/01/2022).. DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIFMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, dalam Weekly Press Briefing di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat, Senin (03/01/2022)..

LOMBOK, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, meninjau pembangunan infrastruktur di Desa Mong, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Hal ini dilakukan sebagai upaya menyiapkan akomodasi menjelang perhelatan MotoGP Indonesia 2022 yang dijadwalkan akan berlangsung pada 18-20 Maret 2022 mendatang.

Dalam kunjungannya, Sandiaga Uno mengatakan, perlu keseimbangan antara pembangunan infrastruktur dan pengembangan SDM di sekitar lokasi perhelatan MotoGP, mengingat jumlah wisatawan diprediksi mencapai 100.000 pengunjung.

Baca juga: MotoGP 2022 Terancam Omicron, Sandiaga Uno: The Show Must Go On

“Tidak hanya pembangunan infrastruktur saja, tetapi juga dibarengi dengan pengembangan SDM, di sekitar Mandalika ada 398 hunian. Nanti kita kelola permintaan warga sementara kita tampung dulu. Nantinya, kami akan hadirkan pelatihan SDM di desa ini oleh Poltekpar Lombok,” ujar Sandiaga Uno, dalam siaran pers, Rabu (12/1/2022).

Dalam kunjungannya, Sandiaga juga sempat berdialog dan mendengar aspirasi dari masyarakat setempat, agar ada penambahan hunian dan fasilitas lainnya. Terkait hal tersebut, dia mengatakan akan menghadirkan fasilitas yang dibutukan selama memungkinkan.

“Akan tetapi untuk yang permintaan tambahan dari warga, ini permintaan Presiden langsung dan diinstruksikan kepada Pak Basuki (Menteri PUPR) dan saya utamakan Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) buat kedepannya,” ujar Sandiaga.

Baca juga: 90 Persen Kamar Hotel Terisi untuk MotoGP, Sandiaga Uno Beri Opsi Glamping

Sandiaga Uno juga melakukan pengecekan homestay di Desa Mong lantaran jumlah ketersediaan akomodasi di Lombok yang hanya 23.000 ditambah Sarhunta sekitar 400 unit. Hal tersebut menjadi salah satu isu yang perlu diselesaikan menjelang perhelatan MotoGP yang tidak lama lagi.

“Sudah banyak, tempat yang terfasilitasi dan dipesan untuk MotoGP. Nanti sebagai alternatifnya bisa diarahkan ke homestay, cabin atau glamping, hingga cruise dan juga keterlibatan masyarakat setempat. Dan akan kami hadirkan pendampingan, karena bukan hanya membangun fisiknya tapi juga membangun masyarakat dan SDM-nya,” ujar Sandiaga Uno.

Baca juga: Sandiaga Uno Siapkan Homestay Desa Wisata Lombok Jelang MotoGP Mandalika

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.