Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Realisasi DMO Batu Bara Sudah Capai 96 Persen

Kompas.com - 13/01/2022, 18:05 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Realisasi kewajiban pemenuhan batu bara untuk kebutuhan dalam negeri atau Domestic Market Obligation (DMO) batu bara per Desember 2021 mencapai 133 juta ton. Merujuk data Kementerian ESDM, realisasi DMO ini setara 96 persen dari target yang mencapai 138 juta ton.

Adapun total produksi tahun 2021 direncanakan sebesar 625 juta ton. Realisasinya mencapai 614 juta ton atau setara 98 persen dari target. Selain itu, volume ekspor mencapai 435 juta ton atau 89 persen dari target. Jumlah ini nilainya mencapai 31,6 miliar dollar AS.

Dari jumlah DMO di tahun 2021 tersebut, konsumsi terbesar dari sektor listrik mencapai 112,13 juta ton. Selanjutnya, sebesar 11,39 juta ton dari sektor metalurgi dan semen sebesar 4,45 juta ton.

Baca juga: Akhir Gonjang-ganjing Larangan Ekspor Batu Bara...

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, sejumlah pembaharuan aturan terkait DMO telah dilakukan pemerintah.

"Untuk menjamin pasokan dalam negeri dan menjaga kepatuhan alokasi batubara telah dilakukan beberapa pembaharuan kebijakan DMO," kata Arifin dalam Rapat Kerja bersama Komisi VII DPR RI, Kamis (13/1/2022).

Ada tiga ketentuan DMO yang masih tetap dilanjutkan yakni harga khusus batubara untuk pembangkit sebesar 70 dollar AS per ton , kewajiban DMO dikenakan terhadap semua perusahaan dan persentase minimal DMO sebesar 25 persen dari produksi.

Sementara itu, sanksi berupa pengurangan produksi sebesar 4 kali realisasi DMO bagi yang tidak bisa memenuhi DMO kini diganti. Yakni, perusahaan batu bara yang tidak dapat memenuhi, dikenakan kewajiban pembayaran kompensasi DMO dan sanksi tambahan berupa pengurangan produksi sampai dengan pencabutan izin bagi yang melanggar kontrak pasokan dalam negeri.

Sementara itu, untuk kebijakan DMO 2020-2021 ada dua ketentuan yang dihapus yakni transfer kuota bagi yang tidak bisa memenuhi DMO serta reward peningkatan produksi bagi yang bisa memenuhi DMO.

Sementara itu bagi badan usaha yang telah memenuhi DMO, dapat menyesuaikan kapasitas produksinya sesuai kemampuannya. (Reporter: Filemon Agung | Editor: Khomarul Hidayat)

Baca juga: Dikritik Plin-plan Larang Ekspor Batu Bara, Luhut: Kita Butuh Uang

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Realisasi DMO Batubara Tahun 2021 Mencapai 133 Juta Ton

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com