Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking

Kompas.com - 14/01/2022, 18:10 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kini layanan transaksi perbankan semakin mudah dengan adanya internet banking dan mobile banking. Apa bedanya internet banking dan mobile banking?

Meskipun sama-sama memerlukan jaringan internet dan menggunakan ponsel untuk mengaksesnya. Namun kedua layanan ini memiliki pengertian, fitur, dan cara penggunaan yang berbeda.

Lalu, apa bedanya internet banking dan mobile banking? Jawabannya ada pada penjelasan di bawah ini yang dilansir dari buku Bijak Ber-Electronic Banking yang diterbitkan Otoritas Jasa Keuangan.

Internet banking atau iBanking

Pengertian internet banking atau ibanking adalah salah satu layanan transaksi perbankan yang diakses menggunakan jaringan internet.

Baca juga: Cara Top Up E-money Mandiri Melalui ATM dan Kantor Pos

Jaringan internet pada layanan internet banking dimanfaatkan sebagai media untuk melakukan transaksi dan mendapatkan informasi melalui website milik bank.

Dengan demikian, ibanking adalah menjadi penghubung antara nasabah dengan bank. Nasabah yang membutuhkan informasi atau ingin transaksi perbankan tidak perlu mendatangi kantor bank karena bisa menggunakan internet banking.

Internet banking ini bisa digunakan di perangkat elektronik seperti komputer desktop, laptop, tablet, dan ponsel pintar yang terhubung ke jaringan internet.

Umumnya, layanan internet banking memiliki fitur berupa informasi umum rekening tabungan atau giro, transfer uang ke sesama atau antar bank, pembelian pulsa dan paket data, pembelian tiket, penempatan deposito, pembayaran tagihan, serta menampilkan informasi suku bungan dan kurs.

Baca juga: Apa Itu Bank Digital dan Bedanya dengan Layanan Online Bank?

Namun, untuk bisa menggunakan layanan ibanking ini, nasabah harus memiliki user id, password, token atau OTP, dan internet.

Contoh ibanking atau internet banking BCA yang bisa diakses di alamat website klikbca.comTangkapan layar klikbca.com Contoh ibanking atau internet banking BCA yang bisa diakses di alamat website klikbca.com
Pendaftaran ibanking hanya bisa dilakukan di kantor cabang bank. Nantinya, nasabah akan mendapatkan user id, password, dan token untuk digunakan saat login internet banking.

Setelah mendaftar internet banking, nasabah harus membuka alamat website internet banking resmi milik bank yang digunakan. Kemudian memasukkan user id dan password paada halaman login.

Jika akan melakukan transaksi finansial, nasabah akan diminta memasukkan kode OTP yang diperoleh dari token atau SMS. Setelah selesai, pastikan untuk melakukan log out dari ibanking.

Mobile banking

Pengertian mobile banking hampir sama dengan internet banking, tapi mobile banking diakses menggunakan aplikasi yang dapat diunduh dan diinstal nasabah di ponselnya.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Kode OTP

Berbeda dengan internet banking, mobile banking seperti milik BNI ini hanya dapat diakses melalui aplikasi yang bisa diunduh di ponsel.Dok. Bank BNI Berbeda dengan internet banking, mobile banking seperti milik BNI ini hanya dapat diakses melalui aplikasi yang bisa diunduh di ponsel.

 

Fitur yang ada pada mobile banking lebih lengkap daripada yang ada di ibanking. Pasalnya, pada mobile banking terdapat fitur cek tagihan kartu kredit, melihat lokasi cabang atau ATM terdekat, dan fitur-fitur yang ada pada internet banking.

Untuk bisa menggunakan layanan mobile banking, nasabah juga harus mendaftarkan diri ke kantor cabang bank untuk mendapatkan password. Password ini akan dibutuhkan untuk login ke aplikasi mobile banking.

Cara menggunakan mobile banking terbilang lebih mudah dibanding internet banking karena nasabah tidak memerlukan token untuk menggunakannya. Namun, nasabah harus memastikan jaringan internetnya stabil selama menggunakan mobile banking.

Demikian penjelasan dari apa bedanya internet banking dan mobile banking. Perbedaanya terletak pada cara menggunakan layanan, ibanking hanya bisa dibuka di website sedangkan mobile banking hanya bisa diakses menggunakan aplikasi.

Baca juga: Kenapa Nama Ibu Kandung Jadi Lapisan Keamanan Rekening Bank?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com