Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Top 5 Pembelian NFT Termahal di Dunia

Kompas.com - 16/01/2022, 07:34 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Non Fungible Token (NFT) sudah ada sejak 2014 dan hingga awal 2021 masih belum banyak menajadi perbincangan. NFT kemudian terkenal setelah CEO Twitter, Jack Dorsey, menjual tweet pertamanya di NFT seharga 2,9 juta dollar AS.

Seorang pemuda Indonesia, Ghozali, mungkin menjadi pemilik produk NFT termahal di Indonesia. Namun ternyata masih ada produk NFT termahal lainnya di dunia ini.

Pembelian NFT mulai melonjak di pertengahan 2021. Harga produk termahal NFT mencapai miliaran hingga triliunan rupiah.

Kepemilikan NFT kini menjadi simbol status terbaru bagi investor kripto. Pasalnya, NFT kini menjadi aset investasi kripto yang paling diminati.

Apa saja produk NFT termahal di dunia?

Baca juga: 10 Tahun Menjabat CEO Apple, Berapa Gaji Tim Cook?

Berikut 5 pembelian NFT termahal selama 2021, dilansir dari Screenrant:

1. The Merge oleh Pak

The Merge menjadi penjualan NFT termahal sepanjang tahun 2021 karena bisa terjual sebesar 91,8 juta dollar AS setara Rp 1,31 triliun.

Pembuat karya seni ini, Pak, cukup terkenal di jagad NFT karena mampu membuat beberapa karya seni yang paling ikonik.

2. Everydays: The First 5000 Days oleh Beeple

NFT termahal kedua. Everydays: The First 5000 Days oleh Beeple.dexerto NFT termahal kedua. Everydays: The First 5000 Days oleh Beeple.
Beeple kini menjadi terkenal setelah melelang karya bersejarahnya yang berjudul Everydays: The First 5000 Days di NFT. Gambar digital ini berisikan kolase gambar yang dibuat oleh Mike Winklemann dari 2007 hingga 2020.

Setelah melalui proses lelang yang panjang, karyanya ini akhirnya dibeli oleh Vignesh Sundaresan atau MetaKovan seharga 69,3 juta dollar AS setara Rp 991 miliar.

Penjualan ini menjadikan karya tersebut adalah penjualan NFT termahal yang pernah dibuat oleh seorang seniman yang masih hidup. Penjualan ini sekaligus memperkenalkan NFT kepada dunia secara global.

3. Human One oleh Beeple

Karya ini terjual pada November 2021 dan menjadi produk NFT termahal ketiga di tahun 2021. Sama dengan karya Beeple di atas, karya berjudul Human One ini juga terjual melalui rumah lelang Christie's.

Baca juga: 7 Tahun Jadi YouTuber, Berapa Kisaran Penghasilan David GadgetIn Kini?

Karya seni yang juga hadir dalam bentuk digital ini, menampilkan seorang astronot yang tampak selamanya berjalan melewati dunia yang samar-samar.

NFT ini merupakan potret bergerak yang menampilkan gambaran manusia pertama yang lahir di metaverse. Karya ini dibeli sebesar 28,9 juta dollar AS atau Rp 426 miliar.

4. CryptoPunk #752 oleh Larva Labs

NFT CryptoPunk 7523dexerto NFT CryptoPunk 7523

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com