BEI Sebut SUGI Memenuhi Kriteria Delisting, Ini Sebabnya

Kompas.com - 17/01/2022, 08:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saham PT Sugih Energy Tbk (SUGI) berpotensi mengalami delisting atau penghapusan pencatatan saham.

Direktur Penilaian Bursa Efek Indonesia (BEI) I Gede Nyoman Yetna mengungkapkan, SUGI telah memenuhi kriteria delisting.

Perusahaan Tercatat yang telah dihentikan sementara perdagangan efeknya sekurang-kurangnya selama 24 bulan dan tidak menunjukkan perbaikan, maka Bursa dapat melakukan delisting atas efek Perusahaan Tercatat tersebut. Bursa telah menghentikan perdagangan saham SUGI sejak 1 Juli 2019. Dengan demikian, saham SUGI telah memenuhi kriteria delisting,” kata Nyoman kepada akhir pekan lalu.

Baca juga: Emiten Masuk Kriteria Delisting tetapi Belum Terdepak, Ini Alasan BEI

Hal itu tercantum dalam Peraturan Bursa No. I-I tentang Penghapusan Pencatatan (Delisting) dan Pencatatan Kembali (Relisting) Saham.

Nyoman mengatakan, berdasarkan POJK No. 3 /POJK.04/2021 tentang Penyelenggaraan Kegiatan di Bidang Pasar Modal, Perusahaan Tercatat yang didelisting oleh Bursa diwajibkan untuk melakukan pembelian kembali atau buyback saham atas seluruh saham yang dimiliki oleh pemegang saham publik.

Dengan demikian, maka jumlah pemegang saham menjadi kurang dari 50 pihak atau jumlah lain yang ditetapkan, dan menjadi Perusahaan Tertutup.

Baca juga: Saham Garuda Indonesia Berpotensi Delisting, Analis: Pelaku Pasar Terus Memantau

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.