Penyusutan Jumlah Kantor Cabang Bank Berlanjut

Kompas.com - 17/01/2022, 09:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren pengurangan jumlah kantor cabang perbankan dalam negeri bakal berlanjut pada tahun ini. Hal ini selaras dengan semakin cepatnya adopsi teknologi digital pada sektor jasa keuangan.

Percepatan transformasi digital yang terjadi semenjak merebaknya pandemi Covid-19 membuat perbankan terus berbenah menata jaringan kantornya.

Pasalnya, digitalisasi pada sektor perbankan secara alami menyebabkan keberadaan dan fungsi kantor cabang bank konvensional berkurang, terefleksikan dengan jumlah transaksi melalui kantor cabang yang kian menyusut.

Baca juga: Di Era Digital, Aset Kantor Cabang dan ATM Bisa Jadi Beban Buat Bank

Pada saat bersamaan, transaksi perbankan melalui kanal non fisik, seperti SMS banking atau mobile banking terus tumbuh.

Sepanjang tahun lalu, berbagai bank pun memutuskan untuk menutup atau merelokasi kantor cabangnya, guna menjalankan bisnis yang lebih efisien.

Penutupan kantor cabang berlanjut tahun ini

Langkah-langkah penataan jaringan kantor bank tersebut masih akan berlanjut pada tahun ini. Sejumlah bank telah menyampaikan rencana penutupan atau relokasi kantor cabangnya untuk tahun 2022.

PT Bank CIMB Niaga Tbk misalnya. Bank dengan kode emiten BNGA ini berencana melakukan penutupan 8 kantor cabang di sejumlah wilayah pada tahun ini.

"Tahun ini rencana akan ada penutupan cabang, tetapi seikit sekitar 8, dan relokasi tetap kami lakukan," kata Presiden Direktur CIMB Niaga, Lani Darmawan, kepada Kompas.com, pada pekan lalu.

Penutupan dan relokasi itu selaras dengan jumlah transaksi perbankan yang semakin kecil. Pada saat bersamaan, transaksi perbankan secara digital kian mendominasi total transaksi perusahaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.