Melihat Struktur Utang Luar Negeri Indonesia yang Disebut Tetap Sehat

Kompas.com - 17/01/2022, 11:48 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menilai struktur utang luar negeri (ULN) Indonesia pada November 2021 tetap sehat.

Rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang tetap terjaga di kisaran 35,5 persen, menurun dibandingkan dengan rasio pada bulan sebelumnya sebesar 36,1 persen.

"Selain itu, struktur ULN Indonesia tetap sehat, ditunjukkan oleh ULN Indonesia yang tetap didominasi oleh ULN berjangka panjang, dengan pangsa mencapai 89 persen dari total ULN," ujar Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangannya, Jakarta, Senin (17/1/2022).

BI melaporkan posisi utang luar negeri (ULN) Indonesia sampai dengan akhir November 2021 sebesar 416,4 miliar dollar AS.

Posisi tersebut turun 1,4 persen dibandingkan posisi ULN bulan sebelumnya yang mencapai 422,3 miliar dollar AS.

Meskipun demikian, posisi ULN November 2021 mengalami kenaikan sebesar 0,1 persen jika dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu atau secara tahunan (year on year/yoy)

Penurunan posisi ULN secara bulanan disebabkan oleh penurunan posisi ULN pemerintah dan sektor swasta.

Baca juga: Disebut Pahlawan Tanpa Tanda Jasa, Berapa Gaji Guru di Indonesia?

Utang luar negeri pemerintah

Tercatat ULN pemerintah pada November 2021 sebesar 202,2 miliar dollar AS, lebih rendah dari bulan sebelumnya sebesar 204,9 miliar dollar AS.

"Hal ini menyebabkan ULN pemerintah terkontraksi 0,7 persen (yoy), setelah tumbuh 2,5 persen (yoy) pada bulan Oktober 2021," kata Erwin.

Erwin menjelaskan, penurunan posisi ULN pemerintah terutama disebabkan penyesuaian aliran modal asing di pasar Surat Berharga Negara (SBN), seiring sentimen global yang kembali mendorong tren peningkatan imbal hasil surat utang AS (US Treasury) pasca Federal Open Market Committee (FOMC) meeting.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.