Kerap Jadi Syarat Kelulusan, Apa Itu Magang?

Kompas.com - 18/01/2022, 05:08 WIB
Penulis Isna Rifka
|

KOMPAS.com - Magang adalah program wajib bagi sebagian besar mahasiswa untuk bisa lulus dari pendidikannya. Lalu, apa itu magang?

Beberapa tahun belakangan, portal pencari kerja banyak ditemukan lowongan untuk pekerja magang di berbagai bidang pekerjaan. Misalnya, di bidang personalia, keuangan, administrasi, hingga IT.

Umumnya, kriteria utama yang dibutuhkan untuk posisi magang adalah harus berstatus pelajar aktif di kampus atau sekolah. Sebab, perguruan tinggi saat ini menjadikan magang sebagai program yang wajib diikuti mahasiswanya.

Seorang mahasiswa yang berpengalaman magang dianggap akan lebih mudah mencari pekerjaan ketika sudah lulus kuliah. Pasalnya, mahasiswa akan dapat pembelajaran yang nyata di tempat magangnya.

Baca juga: Apa Itu Freelance dan Bagaimana Cari Lowongan Kerjanya?

Perusahaan juga memiliki kebijakan masing-masing dalam menentukan waktu magang, biasanya kurang dari satu tahun. Selain itu, pekerja magang juga bisa mendapatkan upah selama masa magangnya.

Membaca informasi di atas membuat bertanya-tanya, apa itu magang dan apa saja tujuan serta manfaatnya?

Apa itu magang?

Menurut buku Belajar Sambil Bekerja Dan Bekerja Sambil Belajar oleh Muhammad Firdaus dan ‎Frida Chairunisa, apa itu magang adalah bentuk pembelajaran di tempat kerja.

Magang memberikan kesempatan kepada seorang pegawai baru atau pelajar untuk mengembangkan kompetensi dalam kurum waktu tertentu pada pekerjaan nyata dan didampingi oleh pekerja yang mahir pada pekerjaan tersebut.

Baca juga: Freelance Kena Pajak, Bagaimana Cara Menghitung Pajak Penghasilannya?

Biasanya selama magang, peserta magang perlu untuk membuat laporan magang untuk mendokumentasikan apa saja yang dipelajari selama proses magang. Begitupun dengan pekerja yang mendampingi pekerja magang membuat evaluasi pendamping.

Contoh lowongan Magang Kemendikbud 2021. Apa itu magang adalah salah satu bentuk pembelajaran di tempat kerja.Dok. Kemendikbud Contoh lowongan Magang Kemendikbud 2021. Apa itu magang adalah salah satu bentuk pembelajaran di tempat kerja.

Menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan, magang adalah bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja/buruh yang lebih berpengalaman, dalam proses produksi barang dan/atau jasa di perusahaan, dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.