Pasokan Batu Bara PLN Sempat Krisis, 4 Kargo Gas Alam Cair Dialihkan

Kompas.com - 18/01/2022, 07:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan, sejumlah kargo gas alam cair atau liquified natural gas (LNG) yang semula diperuntukkan ekspor, kini dialihkan untuk memenuhi kebutuhan pembangkit PT PLN (Persero).

Sebagai informasi, keandalan pasokan listrik dari PLN sempat terancam akibat terjadinya krisis batu bara sebagai bahan bakar pembangkit perusahaan pelat merah itu.

Deputi Keuangan dan Monetisasi SKK Migas Arief S. Handoko menjelaskan, pada tahun ini pihaknya telah telah menyiapkan sebanyak 58 kargo LNG yang ditujukan untuk kebutuhan PLN.

Baca juga: Tarif Listrik Tidak Naik pada Kuartal I-2022

"Ini terdiri dari 13 kargo Bontang, kurang lebih sisanya dari Tangguh 45 kargo," kata dia dalam konferensi pers, Selasa (8/1/2022).

Namun, untuk memenuhi kebutuhan pasokan bahan bakar pembangkit PLN pada awal tahun ini, SKK Migas melakukan penyesuaian terhadap empat kargo LNG yang diperuntukkan ekspor.

"Untuk menutupi kekurangan batu bara ini, kita mengubah jadwal pengiriman ekspor, lebih kurang ada empat kargo. Bukan yang kita batalkan, kita reschedule, dialihkan ke PLN," tutur Arief.

Terkait dengan pengalihan tersebut, Arief menjelaskan, pihaknya tengah melakukan pembahasan dengan para pembeli semula, dengan tujuan tidak dikenakan penalti.

Ia memastikan bahwa nantinya keempatkargo LNG tersebut akan dikirim dengan melakukan penjadwalan ulang.

"Jadi pembatalan kargo itu sebetulnya bisa diartikan pengalihan kargo yang tadinya diekspor masuk untuk memenuhi kebutuhan PLN yang sangat urgent ini," ucap dia.

Baca juga: Pemerintah Kaji Pembangunan Pembangkit Tenaga Nuklir Komersial

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.