Indonesia Berpeluang Jadi Hub Data Center Asia, Setelah Singapura dan Hongkong

Kompas.com - 18/01/2022, 18:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia berpeluang jadi salah satu lokasi potensial perluasan bisnis Data Center di Asia, atau sebagai the next Hub setelah Singapura dan Hongkong.

Indonesia dinilai memiliki pasar internet dan pengguna smartphone aktif terbesar di Asia Tenggara saat ini. Per Januari 2021, koneksi mobile di Indonesia mencapai 125,6 persen dari populasi. Padahal di tingkat global rata-rata hanya 102,4 persen dari populasi. 

Hal itu dipaparkan Executive Vice President Divisi Wholesale Service Telkom Erik Orbandi. Menurut dia, lantaran hal tersebut, mengundang pelaku bisnis lokal maupun global untuk ikut terjun dalam bisnis data center di Indonesia.

Mereka tertarik masuk, baik dalam bentuk perusahaan patungan (joint venture) maupun investasi langsung (direct investment) dan pembentukan anak perusahaan.

Selain data potensi pasar, lanjutnya, ada tren terbaru teknologi data center, yakni konsep breakthru. Yakni, tren untuk menyuguhkan diferensiasi dan keseriusan dalam fasilitas Data Center bertaraf global dan modern.

Misalnya, Green DC, Hyperscale DC Infra dan Multiple DC Location. Sementara Telkom punya Data Center dengan konsep ECO. 

Baca juga: Wujudkan Ekosistem Digital, Telkom Hadirkan Data Center neuCentrIX di Banjarmasin

Data Center Telkom konsep ECO ini dilengkapi koneksi seamless dengan data center berkapasitas besar (Hyperscale Data Center) yang telah dibangun di lokasi Cikarang. 

Juga, dilengkapi dengan Edge DC yang tersebar di 18 lokasi seluruh Indonesia dan 5 lokasi global. 

"Dengan lokasi neuCentrIX yang tersebar di domestik dan global tersebut, memudahkan pelanggan dalam backup data," katanya melalui rilis ke Kompas.com, Selasa (18/1/2022). 

Untuk environment neuCentrIX dilakukan back up data secara periodik sehingga customer dapat memiliki opsi untuk mendapatkan layanan primary data center sekaligus data recovery site data center. 

Sehingga keamanan data yang disimpan di neuCentrIX dapat lebih optimal.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh neuCentrIX, Data Center Garapan Telkom

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.